Cerita SBY Dengar Keluhan Ibu-ibu soal Kenaikan Harga Bahan Pokok

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Senin, 17 Sep 2018 19:25 WIB
SBY (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan Partai Demokrat (PD) terus menyerap aspirasi masyarakat. SBY juga bercerita mendengar keluhan ibu soal kenaikan harga bahan pokok.

"Saya mendengarkan keluhan ibu-ibu atas kenaikan harga-harga bahan pokok, sementara penghasilan mereka tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Saya menerima keluhan mereka-mereka yang sulit mendapatkan pekerjaan, juga yang justru kehilangan pekerjaan," ujar SBY di acara HUT ke-17 PD di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (17/9/2018).


SBY juga mendengar keluhan anak-anak muda soal kepastian mendapatkan pekerjaan selepas menempuh pendidikan. Tidak hanya itu, ia mengaku mendengar kritikan masyarakat soal penegakkan hukum.

"Saya mendengarkan kritik masyarakat atas penegakan hukum yang di sana-sini dianggap kurang adil, termasuk dalam pemberantasan korupsi yang dinilai ada tebang pilihnya. Saya juga mendengarkan suara rakyat yang merasa takut untuk berbicara di ruang publik, maupun di media sosial, karena khawatir akan dikriminalisasi atau ditindak secara hukum," tuturnya.

Hal-hal di atas itulah yang menurut SBY merupakan elemen ketidakpuasan masyarakat. Namun ia juga memuji terhadap beberapa pencapaian pemerintahan Joko Widodo.

"Sebenarnya, kalau kita simak hasil survei dari berbagai lembaga survei, hal-hal inilah yang merupakan elemen ketidakpuasan masyarakat. Sama dengan yang saya dapatkan ketika bertemu dan berdialog dengan rakyat. Namun, Partai Demokrat juga harus jujur, bahwa sebagian masyarakat puas dengan sejumlah hal, yang tentunya ini merupakan capaian pemerintah yang harus kami berikan apresiasi," tutur SBY. (dkp/elz)