Bakmi Jawa Kaki Lima Langganan Soeharto dan Megawati

Melisa Mailoa - detikNews
Senin, 17 Sep 2018 06:50 WIB
Foto: Ilustrasi: Edi Wahyono
Jakarta -

Warung tenda Bakmi Jawa Pak H. Minto berada tepat di bawah jembatan kereta, hanya beberapa langkah dari Stasiun Gondangdia. Berjualan sejak tahun 1964, Bakmi Jawa Pak Minto menjadi saksi sejarah dibangunnya Stasiun Gondangdia pada tahun 1980-an. Kini Bakmi Jawa Pak H. Minto dikelola oleh generasi kedua, Hartanto, salah satu putra Haji Minto.

Waktu ayahnya masih hidup, menurut Hartanto, dia sendiri yang melayani pesanan Presiden Soeharto dan Megawati. Menurut cerita sang Ayah, Soeharto lebih menyukai bakmi rebus berkuah, sementara Megawati lebih sering memesan bakmi goreng. Meski tak jarang pula keduanya membungkus bakmi rebus dan bakmi goreng sekaligus.

"Dulu saya masih SMP, jadi Bapak yang masak. Biasanya ajudan Pak Harto dan Bu Mega datang ke sini pesan beberapa bungkus untuk dibawa pulang," Hartanto, putra ke-11 almarhum Haji Minto, menuturkan. Tak cuma pesan untuk dibungkus, beberapa kali Minto juga diundang ke rumah Presiden Soeharto di Jalan Cendana, atau ke kediaman Presiden Megawati di Jalan Teuku Umar. Kebetulan, kedua rumah Presiden RI itu tak seberapa jauh dari Gondangdia.

Sejak Soeharto berpulang, keluarga Cendana memang tidak lagi menjadi pelanggan Bakmi Jawa Pak Minto. Tapi sampai hari ini, Megawati masih tetap jadi pelanggan setia bakmi goreng Pak Minto. Bahkan Megawati pernah membawa dua porsi bakmi godog dan bakmi goreng saat bertamu ke Istana untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Dalam satu foto tampak Presiden Jokowi menyendok bakmi goreng ke piringnya saat bersantap bersama Megawati.Sering bertandang ke rumah Megawati, lidah Presiden Jokowi memang tak asing lagi dengan bakmi jawa Pak Minto. Megawati kerap menyuruh Hartanto memasak bakmi jawa untuk tamu yang berkunjung ke rumahnya. "Pak Jokowi belum pernah pesan langsung. Tapi beberapa kali Pak Jokowi makan bakmi jawa buatan saya di acaranya Bu Mega," ujar Hartanto.

Bagaimana Presiden Megawati dan Soeharto bisa jadi pelanggan warung bakmi pinggir jalan ini, baca kisah selengkapnya di Dalam Bakmi, Soeharto, Megawati, dan Jokowi Bersaudara



Saksikan juga video 'Sambangi PDIP, Jokowi Diberi Jaket Milenial oleh Megawati':

[Gambas:Video 20detik]

(sap/sap)