ADVERTISEMENT

Novanto Punya Sel Mewah, PAN Pertanyakan Keseriusan Kemenkum HAM

Elza Astari Retaduari - detikNews
Sabtu, 15 Sep 2018 20:18 WIB
Foto: Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay. (dok. pribadi).
Jakarta - Setya Novanto diketahui memiliki sel mewah di Lapas Sukamiskin, Bandung, dari hasil inspeksi mendadak (sidak) Ombudsman RI. PAN mempertanyakan keseriusan Kemenkum HAM dalam pembenahan lapas di Indonesia.

"Kita perlu mempertanyakan keseriusan Kemenkum HAM dalam menyelesaikan masalah seperti," ujar Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay kepada detikcom, Sabtu (15/9/2018).

Saleh menyebut, ramai kasus jual beli fasilitas di Lapas Sukamiskin belum lama terjadi. Ia menyayangkan ternyata belum ada pembenahan signifikan terhadap masalah ini.


"Tidak begitu lama sejak diributkan beberapa waktu lalu, kejadian yang sama terulang kembali. Kali ini, Ombudsman diyakini menyampaikan laporan akurat sebagaimana adanya," tutur Saleh.

"Berarti di sana kan memang ada yang perlu diperbaiki. Dan itu sudah jadi perhatian banyak pihak. Bahkan menteri, dirjen, dan kanwilnya pun berjanji akan melakukan perbaikan. Sudah dimulai dengan pergantian kalapas dan pembongkaran saung-saung yang ada," tambah anggota DPR itu.

Saleh menagih janji Menkum HAM Yasonna Laoly dan Dirjen PAS Sri Puguh Budi Utami soal revitalisasi lapas. Sebab ternyata kasus serupa masih ditemukan.

"Faktanya, Ombudsman masih menemukan hal seperti ini," kata Saleh.


Sebelumnya diberitakan, Ombudsman mendapati sel Novanto berukuran lebih besar dari kamar narapidana lainnya. Berdasarkan foto yang diterima detikcom, kamar eks Ketum Partai Golkar itu tampak luas.

Ada meja dan rak buku di kamar tersebut. Selain itu, ada exhaust fan dan kloset duduk di kamar mandinya. Terdapat ranjang kasur besar, lengkap dengan seprai dan selimut mewah.

Kondisi ini sangat berbeda dengan kamar napi lainnya di Lapas Sukamiskin. Pada foto yang lain, terlihat sebuah sel yang ukuran kamarnya jauh lebih kecil. Tak tampak tempat tidur busa, melainkan hanya kasur tipis. Bahkan ada sel yang hanya ada dipan, tanpa kasur.

Ruangan yang luasnya hanya sekitar 2x1,5 meter itu jadi satu dengan jamban. Tak ada kloset duduk di kamar itu. Kondisinya sangat mengenaskan. (elz/bar)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT