Sel Novanto Pakai Wallpaper, Ini Kata Kemenkumham

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sabtu, 15 Sep 2018 19:40 WIB
Foto: Tembok Sel Novanto di Lapas Sukamiskin (dok Ombudsman)
Bandung - Sel Setya Novanto di Lapas Sukamiskin, Bandung, beda dengan napi lainnya. Sel mewah itu, memiliki fasilitas yang tak biasanya seperti wallpaper dan sprei yang bagus. Apa kata Kemenkumham?

Irjen Kemenkumham Aidir Amin Daud, saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (15/8/2018), mengatakan, mewahnya kamar Novanto bukan fasilitas dari lapas. Dia mencontohkan barang seperti sprei berwarna putih kemungkinan dibawa sendiri oleh penghuni kamar.

"Begini, biasanya sprei bawa sendiri. Kelihatan bagus. Mungkin orang ada penyakitnya harus pakai sprei putih yang bersih karena ada asma, biasa kan begitu. Kalau soal kebersihan kita sama-sama menghormati lah," tuturnya.

Selain itu soal dinding yang berwarna cokelat, Aidir mengatakan itu hanya sebuah wallpaper. Dia menjelaskan alasan dipasangnya wallpaper tersebut.

"Sebenarnya tidak direnovasi, itu cuma dikasih wallpaper dan itu sudah lama. Kenapa ada wallpaper, karena ternyata dindingnya itu ada masalah sedikit. Jadi kalau dibongkar wallpaper-nya bisa lebih bau dan lainnya," kata dia.

Sel mewah Novanto terungkap ketika Ombudsman melakukan sidak. Di sana Ombudsman sel Novanto yang lebih besar dan mewah. Salah satunya toilet di sel tersebut yang beda dengan napi lainnya.

(rvk/jbr)