detikNews
Sabtu 15 September 2018, 19:06 WIB

Kemenkumham Akui Sel Setya Novanto Lebih Besar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kemenkumham Akui Sel Setya Novanto Lebih Besar Foto: Sel Setya Novanto di Lapas Sukamiskin (istimewa)
Bandung - Tim Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) telah melakukan pengecekan terhadap sel mewah Setya Novanto. Berdasarkan pengecekan, temuan tim sesuai dengan temuan Ombudsman yang melakukan sidak ke kamar Novanto.

"Memang kamar yang disebut-sebut lebih besar dari kamar lain memang betul adanya, kan itu kalau enggak salah. Soal besarnya ya," ujar Irjen Kemenkum HAM Aidir Amin Daud saat dihubungi wartawan, Sabtu (15/9/2018).



Aidir memang tidak turun langsung mengecek ke lapas khusus koruptor itu. Pihaknya hanya menerima laporan sementara dari timnya yang melakukan pengecekan.

"Kalau soal besarnya memang lebih besar dari yang lain. Kebetulan memang kavling lebih besar," kata dia.

Aidir tak menjelaskan lebih jauh soal temuannya itu. Menurutnya yang berhak menjawab soal adanya hal tersebut Kakanwil Kemenkum HAM Jabar atau Kalapas.

detikcom sempat menghubungi Kakanwil Kemenkum HAM Jabar Ibnu Chuldun sejak siang tadi. Namun dia baru merespons sore dengan memberikan nomor kontak Kalapas Sukamiskin dan Kadivpas Kemenkum HAM Jabar Krismono.


Sejak siang juga detikcom berusaha menghubungi Kalapas Sukamiskin Tejo Harwanto. Namun lagi-lagi baik pesan singkat maupun telepon tak direspons. Bahkan, beberapa wartawan menunggu di depan Lapas Sukamiskin hingga petang tak nampak kehadiran Tejo.

Begitupun dengan Kadivpas Krismono, dihubungi lewat pesan singkat maupun telepon, tak ada jawaban.



(bbn/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com