Masih Ada Sel Mewah di Sukamiskin, PSI Minta Dirjen Pas Mundur

Elza Astari Retaduari - detikNews
Sabtu, 15 Sep 2018 16:20 WIB
Dirjen Pas Sri Puguh Budi Utami (Haris Fadhil/detikcom)
Jakarta - Setelah ramai soal jual-beli fasilitas di Lapas Sukamiskin, Bandung, ternyata masih ditemukan adanya sel mewah untuk narapidana koruptor. Atas permasalahan ini, PSI meminta Dirjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM Sri Puguh Budi Utami untuk mundur.

Sekjen PSI Raja Juli Antoni menilai pengunduran diri Sri Puguh merupakan bentuk pertanggungjawaban karena tak menepati janji soal berbenah lapas. Bila Sri Puguh tak mengundurkan diri, ia meminta Menkum HAM Yasonna Laoly memecatnya.

"Dirjen Lapas mesti bertanggung jawab. Yang terbaik, dengan sukarela mundur atau menteri segera memecatnya," ujar pria yang akrab disapa Toni itu kepada detikcom, Sabtu (15/9/2018).

Soal masih adanya sel mewah di Lapas Sukamiskin diketahui dari inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Ombudsman RI pada Kamis (13/9) malam. Sidak dipimpin oleh anggota Ombudsman Ninik Rahayu didampingi kepala perwakilan dan 11 asisten Ombudsman.



Dari hasil sidak diketahui, eks Ketua DPR Setya Novanto menempati sel mewah bila dibandingkan sel-sel napi lainnya. Selain Novanto, mantan Kakorlantas Polri Djoko Susilo diketahui menempati sel mewah di Lapas Sukamiskin.

"Saya Kira fakta sel mewah Novanto dalam konteks negara hukum sangat memalukan," ucap Toni.

PSI meminta Dirjen Pas dan Menkum HAM bertanggung jawab atas temuan itu. Toni berharap janji pembenahan lapas benar-benar dilakukan.

"Dirjen Lapas dan Menteri Hukum dan HAM mesti bertanggung jawab. Mesti diselesaikan secara tuntas, tidak boleh hanya retorika," tuturnya.

Masih Ada Sel Mewah di Sukamiskin, PSI Minta Dirjen PAS MundurRaja Juli Antoni (Ari Saputra/detikcom)

"Ini sangat merusak rasa keadilan masyarakat," imbuh Toni.

Dalam sidak, Ombudsman mendapati sel Novanto berukuran lebih besar dari kamar narapidana lainnya. Berdasarkan foto yang diterima detikcom, kamar eks Ketum Partai Golkar itu tampak luas.

Ada meja dan rak buku di kamar tersebut. Selain itu, ada exhaust fan dan kloset duduk di kamar mandinya. Terdapat ranjang kasur besar, lengkap dengan seprai dan selimut mewah.


Kondisi ini sangat berbeda dengan kamar napi lainnya di Lapas Sukamiskin. Pada foto yang lain, terlihat sebuah sel yang ukuran kamarnya jauh lebih kecil. Tak tampak tempat tidur busa, melainkan hanya kasur tipis. Bahkan ada sel yang hanya ada dipan, tanpa kasur.

Ruangan yang luasnya hanya sekitar 2x1,5 meter itu jadi satu dengan jamban. Tak ada kloset duduk di kamar itu. Kondisinya sangat mengenaskan.

Seruan mundur juga disampaikan oleh PKS. Ketua DPP PKS Pipin Sopian meminta Yasonna Laoly mundur dari posisinya sebagai Menkum HAM bila tak bisa membenahi carut-marut lapas.

"Saya kira baiknya Pak Yasonna mundur kalau memang tak bisa perbaiki lapas atau nanti nunggu insyaallah di era Prabowo-Sandi saja," kata Pipin.





Tonton juga 'Diminta ICW Mundur, Dirjen PAS Cuma Umbar Senyum':

[Gambas:Video 20detik]

(elz/bar)