Pertama Kali! Bunga Bangkai Tertinggi di Dunia Mekar di Kanada

Niken Purnamasari - detikNews
Sabtu, 15 Sep 2018 16:09 WIB
Foto: dok. KJRI Toronto
Toronto - Bunga bangkai Titan Arum untuk pertama kalinya mekar di Toronto, Kanada. Bunga itu menjadi pusat perhatian para warga setempat yang penasaran dengan karakteristik bunga yang memunculkan bau tak sedap.

Bunga yang berasal dari tanah Sumatra itu ditanam di Kebun Binatang Toronto. Umumnya bunga bangkai mekar atau muncul pada tahun ke-10, namun bunga ini mekar saat baru berusia 5 tahun. Hal ini mengagetkan banyak pihak.

Bunga Titan Arum mulai mekar pada Kamis (13/9) pukul 21.30 waktu setempat. Bunga ini adalah tumbuhan endemik Sumatra dan merupakan bunga majemuk terbesar dan tertinggi di dunia. Bunga bangkai dengan nama ilmiah Amorphophallus titanum ini bisa mencapai ketinggian lebih dari 3 meter.



Seperti pada umumnya, bunga Titan Arum memiliki usia yang sangat singkat yaitu selama 8-36 jam sejak pertama kali mekar.

"Kemunculan Titan Arum mengagetkan berbagai pihak. Umumnya Titan Arum muncul pada kisaran tahun ke-10. Bunga yang mekar saat ini berasal dari tanaman yang baru berusia 5 tahun. (Kemunculannya) Empat tahun lebih awal dari prediksi kami," ujar Kurator Divisi Holtikultura Kebun Binatang Toronto, Paul Gellatly dalam siaran pers KJRI Toronto yang diterima detikcom, Sabtu (15/9/2018).


 Pertama Kali! Bunga Bangkai Tertinggi di Dunia Mekar di Kanada Pertama Kali! Bunga Bangkai Tertinggi di Dunia Mekar di Kanada Foto: dok. KJRI Toronto


Warga Toronto memadati kebun binatang untuk melihat langsung mekarnya bunga bangkai Titan Arum. Di hari pertama, lebih dari 400 pengunjung hadir ke kebun binatang Toronto.

"Lebih dari 400 pengunjung hadir di hari pertama mekarnya Titan Arum. Banyak yang penasaran dengan karateristik bunga yang mengeluarkan bau tak sedap ini," jelas CEO Kebun Binatang Toronto, Dolf Dejong.

 Pertama Kali! Bunga Bangkai Tertinggi di Dunia Mekar di Kanada Pertama Kali! Bunga Bangkai Tertinggi di Dunia Mekar di Kanada Foto: dok. KJRI Toronto


"Ini (Titan Arum) merupakan hasil nyata bentuk kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Kanada. Selain flora, Toronto Zoo juga memiliki fauna asli Indonesia seperti Orang Utan, Komodo, Harimau Sumatra dan Badak Bercula Satu," lanjutnya. (nkn/nvc)