DetikNews
Jumat 14 September 2018, 22:02 WIB

Hore! Depok Segera Miliki Alun-alun Kota

Matius Alfons - detikNews
Hore! Depok Segera Miliki Alun-alun Kota Ilustrasi Jalan Margonda Depok (Grandyos Zafna/detikcom)
Depok - Ada kabar gembira bagi warga Kota Depok. Sebentar lagi, Depok akan memiliki alun-alun kota yang dilengkapi fasilitas umum hingga ruang terbuka hijau.

Proyek alun-alun Kota Depok sudah dimulai pada September 2018. Alun-alun dibangun di atas lahan seluas sekitar 3 hektare, yang terletak di kawasan Kota Kembang Grand Depok City, Cilodong.

"Ada dua tahap, tahap pertama sudah dimulai. Tahap kedua, insyaallah akhir tahun 2019 selesai," ujar Kepala Dinas Rumkin Depok Dudi Miraz saat dihubungi detikcom, Jumat (14/9/2019).

Untuk tahap pertama, akan dilakukan pengerjaan struktur bangunan pengelola, toilet, UPS, green house, hingga tribun penonton. Pada tahap pertama ini juga akan dibangun jembatan, turap, wall climbing, pekerjaan pengolahan kontur dan lereng, hingga pekerjaan mekanikal, elektrikal, dan plumping.



Alun-alun Kota Depok ini didesain tidak hanya sebagai ruang terbuka hijau (RTH), tapi juga sebagai ruang terbuka yang ramah anak dan keluarga. Alun-alun ini memiliki sejumlah fasilitas untuk olahraga hingga sosial, lengkap dengan area parkir dan pengolahan sampah.

"Nanti akan ada sculpture, lapangan basket, lapangan futsal, toilet, BMX park, outdoor gym, skate park, dan lain-lain," imbuhnya.

Proyek alun-alun ini menelan dana sekitar Rp 90 miliar. Proyek ini ditargetkan selesai pada akhir 2019.

"Pembangunan RTH dibagi menjadi 2 tahap. Untuk tahap pertama pada tahun 2018 dengan nilai HPS Rp 33.693.981.000 dan tahap kedua tahun 2019 dengan nilai pagu anggaran sebesar Rp 51.482.397.000," tandasnya.



(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed