Program Naturalisasi Anies akan Dimulai di Setu Babakan

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Jumat, 14 Sep 2018 14:07 WIB
Foto: Setu Babakan. (Rima Olyvia)
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI segera melaksanakan program naturalisasi sungai yang digagas Gubernur DKI Anies Baswedan. Naturalisasi akan dilaksanakan di tiga waduk di Jakarta.

"(Naturalisasi) mulai di Waduk Setu Babakan sedang jalan, Waduk Cimanggis, Waduk Rambutan," kata Sekretaris Dinas Sumber Daya Air Rodia Renaningrum di DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (14/9/2018).


Rodia mengatakan konsep naturalisasi akan mengembalikan ekosistem waduk sesuai aslinya. Dia mengatakan konsep naturalisasi sendiri tak berbeda jauh dengan normalisasi.

"Sebenarnya naturalisasi dan normalisasi itu hampir mirip. Gimana kita lihat sisi pandangannya. Kalau mengembalikan ukuran normalisasi kalau kondisi alam," tuturnya.

Rodia menuturkan konsep naturalisasi tidak menggunakan turap tapi bronjong. Dia berharap penggunaan bronjong dapat mengembalikan ekosistem sungai dan waduk.

"Kalau naturalisasi itu bukan betonisasi. Pakainya batu bronjong, batu kali itu kan biota bisa hidup. cacing bisa masuk, ikaan kecil bisa masuk," ujarnya.


Anies sebelumnya mengatakan akan menerapkan naturalisasi di beberapa sungai di DKI Naturalisasi sungai, menurut Anies, akan menjaga ekosistem alami.

"Adapun konsep naturalisasi sungai akan diimplementasikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membenahi sungai-sungai dengan alamiah. Sehingga menjaga ekosistem di dalam dan sekitarnya," kata Anies di DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (3/4).


Simak Juga 'Jokowi Ingin Ciliwung Bak Sungai di Seoul, Ini Respons Anies':

[Gambas:Video 20detik]

(fdu/idh)