DetikNews
Kamis 13 September 2018, 17:28 WIB

Ditangkap, Pengacara Najib Pernah Diminta Prabowo Bebaskan Wilfrida

Ahmad Toriq - detikNews
Ditangkap, Pengacara Najib Pernah Diminta Prabowo Bebaskan Wilfrida Tan Sri Muhammad Shafee Abdullah (Foto: dok. thestar.com.my)
Jakarta - Tan Sri Muhammad Shafee Abdullah, pengacara yang ditangkap Polisi Diraja Malaysia, pernah berjasa menyelamatkan Wilfrida Soik, TKI Indonesia yang terancam hukuman mati. Shafee membantu Wilfrida atas permintaan Prabowo.

Wilfrida Soi, TKI asal Belu, NTT, awalnya dituntut hukuman mati dalam kasus pembunuhan majikannya di Malaysia pada 2013. Tuntutan itu awalnya seolah sulit dilawan, tapi Prabowo datang dan menyewa pengacara kelas wahid Malaysia, Tan Sri Shafee, yang akhirnya berhasil membebaskan Wilfrida dari segala tuntutan di pengadilan tingkat pertama.


Tan Sri Shafee saat itu mengambil alih pendampingan Wilfrida dari pengacara yang disiapkan pemerintah. Awalnya ada penolakan, tapi akhirnya Shafee resmi menjadi kuasa hukum Wilfrida.

Dalam persidangan pada 30 September 2013, posisi Wilfrida sebenarnya sudah tersudut. Dia tinggal menunggu vonis hakim pengadilan Kota Bharu. Namun Shafee berhasil meminta putusan ditunda dengan memohon peninjauan kembali terhadap kondisi psikologi, pengecekan umur Wilfrida, dan memeriksa ulang saksi.

Prabowo memeluk Wilfrida Soik.Prabowo memeluk Wilfrida Soik. (Ahmad Toriq/detikcom)

Salah satu pernyataan Tan Sri Shafee yang menggugah hakim dalam persidangan itu adalah saat dia mempertanyakan citra pengadilan Malaysia jika tetap memvonis Wilfrida, yang datang dari salah satu desa paling miskin di Indonesia, tanpa ada peninjauan komprehensif terhadap bukti-bukti yang ada. Pernyataan itu disambut hakim dengan penundaan vonis. Akhirnya Wilfrida divonis bebas.


Namun jaksa mengajukan banding hingga ke tingkat tertinggi, yaitu Mahkamah Rayuan. Meski demikian, vonis bebas tetap diberikan karena jaksa penuntut akhirnya memilih tidak melanjutkan kasus setelah membaca bundle of authorities yang disiapkan oleh Tan Sri Shafee.

Prabowo beberapa kali hadir dalam persidangan, memberikan dukungan kepada Wilfrida. Prabowo bahkan menyaksikan langsung detik-detik vonis bebas bagi Wilfrida.

"Becik ketitik ala ketara. Apresiasi saya untuk tim pengacara Tan Sri Shafee yang sudah begitu gigih dalam memperjuangkan keadilan, serta semua sahabat yang terus mendukung, mendoakan keselamatan sesama warga negara di seluruh wilayah NKRI dan di perantauan," kata Prabowo saat itu.
(tor/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed