DetikNews
Kamis 13 September 2018, 16:29 WIB

e-Tilang Segera Diuji Coba, Bagaimana Mekanismenya?

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
e-Tilang Segera Diuji Coba, Bagaimana Mekanismenya? Ilustrasi Jalan Sudirman (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Penilangan elektronik atau E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) segera diuji coba di ruas Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat. Bagaimana mekanismenya?

Pengawasan dalam e-tilang ini lebih banyak menggunakan kamera CCTV. CCTV yang ada di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin akan merekam setiap pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara.

"Di beberapa simpang itu ada kameranya, di situ kan kelihatan. Misalnya ganjil-genap, misalnya gitu. Lo di simpang itu kan ganjil, kenapa itu mobil genap nyelonong di situ. Kepotret dia, langsung terdata seperti itu," kata Yusuf kepada wartawan di Hotel Diradja, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (13/9/2018).

Yusuf mencontohkan, bila ada pengendara yang melewati marka, hal itu akan terekam di kamera. Setelah data kendaraan teridentifikasi, polisi kemudian akan mengirim surat tilang ke alamat pemilik kendaraan seperti yang tertera pada STNK.

"Terus marka. Ini kan nggak boleh melewati marka ini, kok ini ada mobil melewati marka ini. Kan ter-capture di situ," imbuh dia.

Menurut Yusuf, surat tilang akan tetap dikirimkan kepada si pemilik kendaraan, meski kendaraan dipakai oleh orang lain saat melakukan pelanggaran tersebut. Pemilik kendaraan dinilai bertanggung jawab atas pelanggaran tersebut.

"Yang jadi permasalahan tadi kan kalau kendaraan tadi sudah dijual. Ini beda lagi permasalahannya. Tapi kalau kendaraan itu masih dalam pengawasan yang bersangkutan, ini nggak ada masalah. Kalau dijual kepada orang lain tapi masih pakai nama saya, surat tilang itu ke saya, itu yang jadi masalah," ujarnya.

e-tilang ini akan diuji coba dan disosialisasikan di Sudirman-Thamrin selama satu bulan selama Oktober 2018. Polisi saat ini masih mendata CCTV yang diperlukan untuk mendukung sistem tersebut.
(knv/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed