DetikNews
Rabu 12 September 2018, 20:53 WIB

Jaksa ke Saksi: Pengadaan di Kemenhan Pakai Jasa Fayakhun?

Faiq Hidayat - detikNews
Jaksa ke Saksi: Pengadaan di Kemenhan Pakai Jasa Fayakhun? Fayakhun (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Jaksa KPK mencecar pihak swasta Arief Rahman terkait proyek pengadaan di Kemenhan. Arief menyebutkan pengadaan tersebut menggunakan jasa Fayakhun Andriadi.

Awalnya jaksa KPK membacakan berita acara pemeriksaan (BAP) Arief Rahman soal eks Direktur Utama PT Merial Esa Fahmi Darmawansyah menyampaikan informasi menggunakan jasa Fayakhun untuk pengadaan di Kemenhan. BAP ini dikonfirmasikan jaksa KPK ke Arief.

"Fahmi Saidah (Fahmi Darmawansyah) juga mengatakan bahwa untuk pengadaan di Kemenhan menggunakan jasa dari Fayakhun, tetapi proyeknya tidak tahu persis, apakah betul?" kata jaksa KPK saat sidang terdakwa Fayakhun di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta, Rabu (12/9/2018).




"Iya pernah dengar seperti itu," kata Arief ketika bersaksi dalam sidang.

Kepada Arief, jaksa KPK menanyakan pertemuan di rumah eks Ketua DPR Setya Novanto. Jaksa ingin mengetahui isi pertemuan tersebut.

"Pernah ketemu SN (Setya Novanto) di rumahnya. Apa yang dibicarakan SN?" tanya jaksa.

"Nggak banyak bicara. Saya nggak begitu kenal SN, cuma konfirmasi saja apa benar ditolak Kemenhan," ujar Arief.

Arief memang mengenal Fahmi Darmansyah. Bahkan Fahmi dan staf ahli Kabakamla Fahmi Habsyi alias Ali Habsyi dikenal mengerjakan proyek di Bakamla.

"Mereka partner ada pekerjaan di Bakamla. Detailnya saya nggak tahu," ujar Arief.

Selain itu, Arief mengenal Fahmi, yang juga suami Inneke Koesherawati, sebagai 'tukang tikung'. Sebab, ia sudah dikenalkan beberapa orang, tapi Fahmi jalan sendiri.

"Saya kenalkan dengan beliau dengan seseorang. Tiba-tiba dia jalan sendiri tanpa saya tahu," jelas Arief.

Dalam perkara ini, Fayakhun didakwa menerima suap berupa USD 911.480 atau sekitar Rp 13 miliar dari mantan Direktur PT Merial Esa Fahmi Darmawansyah. Uang suap itu dimaksudkan agar Fayakhun menambahkan anggaran Bakamla untuk proyek pengadaan satellite monitoring dan drone.




(fai/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed