DetikNews
Rabu 12 September 2018, 13:11 WIB

4 Surat Kemenpora ke Roy Suryo Minta Aset Negara Dikembalikan

Ahmad Bil Wahid - detikNews
4 Surat Kemenpora ke Roy Suryo Minta Aset Negara Dikembalikan Roy Suryo (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengaku sudah empat kali menyurati Roy Suryo terkait pengembalian aset negara. Surat pertama dilayangkan Kemenpora pada 2014.

"Tahun 2014 itu, Pak Inspektur pernah kirim surat atas nama Pak Menteri atas nama Kemenpora kepada Pak Roy, di akhir 2014. Berarti itu mengingatkan karena dari pihak Inspektorat sudah menengarai ada barang-barang yang belum kembali ke Kemenpora," kata Sekretaris Kemenpora (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto seusai pertemuan dengan tim kuasa hukum Roy Suryo di gedung Kemenpora, Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta Pusat, Rabu (12/9/2018).

Setahun kemudian, Kemenpora kembali bersurat. Namun surat itu tak sampai ke Roy Suryo.





"Kemudian 2015 sempat dikirimkan surat, tapi nggak nyampai sehingga wajar kalau misalnya ada di tempatnya Kak Tigor mengatakan, 'Nggak, kami nggak ada tanda terima seperti itu'," ujar Gatot.

Roy Suryo mengembalikan barang milik Kemenpora setelah mendapat surat pada 2016. Nilai barang yang dikembalikan sekitar Rp 500 juta.

"Nah, surat berikutnya di 2016 yang tanda tangan adalah Pak Imam Nahrawi. Kemudian pada perkembangan berikutnya sudah ada pengembalian barang, ternyata pengembalian barang itu tadi juga dilaporkan oleh anak buah saya. Itu bertahap sampai tiga kali pengembalian, tapi total itu nilainya sekitar 500 juta. Sekarang barangnya ada di Bogor," ungkap Gatot.

Terakhir Kemenpora mengirimkan surat pada Mei 2018. Surat itu dikirim atas dasar audit BPK yang menyebutkan pengembalian barang itu belum selesai.





"Nah, kenapa sekarang muncul lagi, itu karena perintah dari BPK. Tadi saya sebutkan kepada beliau, dokumen saya tunjukkan tadi. Jadi, pada saat itu BPK mengatakan, sebelum menjadi LHP, LHP itu laporan hasil pemeriksaan seperti lazimnya tidak hanya kepada Kemenpora dan lembaga lain, itu mereka sudah warning kepada kami. Ini akan tetap memunculkan masalah ini karena dianggap Kemenpora belum bisa menyelesaikan," pungkasnya.




Tonton juga 'Partai Demokrat Desak Roy Suryo Bereskan Masalah Aset':

[Gambas:Video 20detik]


(abw/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed