DetikNews
Rabu 12 September 2018, 09:12 WIB

Jokowi Ingin Kali Ciliwung Bak Sungai di Seoul, Anies: Kami Bereskan

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Jokowi Ingin Kali Ciliwung Bak Sungai di Seoul, Anies: Kami Bereskan Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Fotografer: Muhammad Fida Ul Haq
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin Kali Ciliwung bersih seperti Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan terus membereskan masalah lingkungan yang ada di Kali Ciliwung.

"(Kali Ciliwung) Kami harus bereskan," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (12/9/2018).


Anies mengakui ada pencemaran yang di sungai-sungai di Jakarta. Anies mengatakan angka pencemaran berat yang paling tinggi kenaikannya dari data sejak 2014 hingga 2017.

"Sungai yang tercemar ringan dari 23 persen turun menjadi 12 persen. Sungai yang tercemar sedang turun dari 44 persen tahun 2014 menjadi 17 persen di tahun 2017," ujar Anies.


"Jadi yang tercemar sedang dan tercemar ringan itu turun, tercemar berat dari 32 persen menjadi 61 persen. Jadi yang sedang dan ringan itu menjadi berat, bukan turun lalu hilang. Jadi selama 2014, 2015, 2017, kami mengalami peningkatan sungai yang mnegalami pencemaran berat," sambung Anies.

Anies mengatakan Pemprov DKI sedang menyusun rencana jangka panjang untuk mengatasi masalah di Kali Ciliwung. Dia mengatakan penataan sungai bukan sekedar membuat indah tapi mengembalikan ekosistem sungai seperti semula.

"Jadi PR kami, itu bukan sekadar soal estetika, nampak indah. Bukan sungainya nampak indah, tapi yang paling penting pencemaran yang terjadi di DKI selama beberap tahun ini meningkat secara signifikan. Jadi PR-nya itu, karena itu yang akan kita lakukan adalah membangun sungai sehingga menjadi ekosistem yang alamiah lagi," tuturnya.

Sebelumnya, Jokowi didampingi istri, Iriana Widodo, menyusuri Sungai Cheonggyecheon saat berkunjung kw Seoul, Korea Selatan. Keduanya kompak memakai jaket merah. Wali Kota Seoul Park Won-Soon juga ikut menemani Jokowi saat 'blusukan' ke sungai yang menjadi tempat nongkrong favorit warga Korea itu.

"Sungai Cheonggyecheon sebuah inspirasi yang sangat bagus, kalau di Jakarta ada Ciliwung bisa jadi bersih seperti ini, wow, dan itu bisa," kata Jokowi saat berjalan di pinggir sungai, dikutip detikcom dari situs Sekretariat Kabinet, Selasa (11/9).




Tonton juga 'Normalisasi Sungai Ciliwung Terkendala Pembebasan Lahan!':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed