Terkesan pada Jokowi, Presiden Korsel Nge-tweet Bahasa Indonesia

Niken Purnamasari - detikNews
Selasa, 11 Sep 2018 16:16 WIB
Foto: dok. Reuters/Kim Hong-Ji/Pool
Jakarta - Presiden Korea Selatan Moon Jae-In terkesan akan kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Korsel. Dia mengungkapkannya lewat bahasa Indonesia di Twitter.

Ungkapan itu disampaikan Moon lewat akun @moonriver365. Menariknya lagi, tweet ditulis Moon dalam bahasa Indonesia. Padahal biasanya Moon nge-tweet menggunakan huruf Hangeul atau dalam bahasa Inggris ketika menerima kunjungan pemimpin dari negara lain. Misalnya saja saat menerima kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi beberapa waktu lalu.



"Hari ini Presiden Bapak @Jokowi dan Ibu Negara RI Pulang ke Indonesia dengan penuh hasil dari kunjungan kenegaraan ke Korea. Saya merasa persahabatan antara kami menjadi lebih dalam seperti malam hari yang indah pada musim gugur Korea," kata Moon, Selasa (11/9/2018).



Ada tiga foto yang di-posting Moon di akun Twitter. Foto itu adalah foto saat Jokowi disambut dengan meriah dalam upacara kenegaraan di Istana Cheong Wa Dae. Ada juga foto saat Jokowi bersama Moon minum teh bersama di Istana.

Sebelum meninggalkan Korea hari ini, Jokowi bersama Iriana pagi tadi berjalan-jalan ke Sungai Cheonggyecheon, Seoul. Dia mengagumi kebersihan sungai tersebut dan berharap Kali Ciliwung bisa menjadi bersih seperti sungai itu.



"Sungai Cheonggyecheon sebuah inspirasi yang sangat bagus. Kalau di Jakarta ada Ciliwung bisa jadi bersih seperti ini, wow, dan itu bisa," kata Jokowi saat berjalan di pinggir sungai dikutip detikcom dari situs Sekretariat Kabinet, Selasa (11/9/2018).

Setelah dari Korsel, rencananya Jokowi melanjutkan kunjungan kerja ke Vietnam. (nkn/aan)