detikNews
Selasa 11 September 2018, 13:49 WIB

Jokowi Ketemu Suju, Sandi Cerita Kunjungan ke Korsel Bareng SBY 2006

Audrey Santoso - detikNews
Jokowi Ketemu Suju, Sandi Cerita Kunjungan ke Korsel Bareng SBY 2006 Sandiaga berpose di depan foto Jokowi. (Arief/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Korea Selatan dan disambut boyband K-Pop Super Junior (Suju). Bakal calon wakil presiden 2019 Sandiaga Uno berharap Jokowi melihat Suju sebagai contoh potensi ekonomi kreatif di bidang musik yang sukses.

"Buat saya, itu (Jokowi bertemu Suju) bentuk satu sajian ekonomi kreatif, yang mudah-mudahan Bapak Presiden bisa melihat ekonomi kreatif itu bisa kita dorong untuk lebih masif lagi untuk menciptakan lapangan kerja," kata Sandiaga di Gedung Felfest Universitas Indonesia (UI), Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (11/9/2018).


Sandi menceritakan industri musik K-Pop pada 2006 belum sukses mendunia. Saat itu dia bersama Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke Seoul, Korea Selatan.

Namun, karena industri musik mendapat dukungan penuh pemerintah dan masyarakatnya, kata Sandi, K-Pop berhasil merajai dunia.

"Suju itu, 2006 saya dengan Pak SBY datang Seoul, Korea Selatan, dan K-Pop belum sebesar sekarang. Tapi dengan dukungan pemerintah dan seluruh elemen masyarakatnya, mereka sekarang merajai dunia di dunia seni musik," ujar Sandi.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana bertemu dengan Super Junior di Korea Selatan. Dalam pertemuan itu, Jokowi terlihat diberi album oleh boyband yang disingkat Suju tersebut.


Pertemuan Jokowi dan Iriana dengan Super Junior itu diunggah oleh akun Instagram @superjunior, Senin (10/9/2018). Dalam foto itu, terlihat Jokowi dan Iriana berpose salam lima jari bersama personel Super Junior. Jokowi terlihat berdiri di sebelah Leeteuk dan Iriana berdiri tepat di samping Siwon Choi.

Selain itu, ada foto sebuah album yang turut diunggah dalam akun @superjunior. Di foto album itu, ada nama Jokowi dan tanda tangan para personel Super Junior. Hingga pukul 01.28 WIB, unggahan tersebut telah disukai 146.369 pengguna Instagram.

Personel Super Junior juga ada yang mengunggah momen pertemuan itu di akun Instagram pribadinya, antara lain Siwon, Leeteuk, dan Yesung.

"Mr. President, It was a great honor to meet you. I was deeply inspired. Looking forward to strenthening cultural exchange with Indonesia in the future. Terima Kasih! @jokowi #energyofasia," tulis Siwon dalam akun pribadinya.



Saksikan juga video 'Jokowi Foto Bareng Super Junior, Netizen: Daebak!':

[Gambas:Video 20detik]


(aud/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed