DetikNews
Sabtu 08 September 2018, 17:40 WIB

Di Depan APPSI, Gubernur Edy Bicara Sarjana Nganggur di Sumut

Robi Setiawan - detikNews
Di Depan APPSI, Gubernur Edy Bicara Sarjana Nganggur di Sumut Foto: Dok. APPSI
Medan - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyambut Tim Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur dari Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Medan. Kepada APPSI, Edy paparkan 5 prioritas Pemprov Sumut ke depan, salah satunya mengentaskan pengangguran.

"Fokus Pemprov Sumut adalah ketenagakerjaan. Sekarang sarjana bingung cari kerja. Kita tidak hanya sekadar ngomong, kita akan (ajak) investor masuk ke sumut," ungkap Edy dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/9/2018).

Selanjutnya Edy juga mengungkapkan bahwa prioritas lainnya adalah pendidikan. Dalam hal ini dirinya berkaca dari Jepang yang maju karena pendidikan.

"Di Jepang saat kena bom nuklir, yang ditanya adalah berapa guru yang hidup?, itulah yang membesarkan jepang, perhatian terhadap pendidikan," jelasnya.


Prioritas Edy selanjutnya untuk Sumut ke depannya adalah dalam hal infrastruktur. Menurutnya, infrastruktur di Sumut sangat memprihatinkan.

"Anda sudah keliling Medan? Nah itu ibukota begitu, apalagi yang daerah-daerah pelosok, nah ini PR besar kita," katanya.

Berikutnya, Edy menekankan tentang pentingnya aspek perkebunan, karena Sumut mayoritas adalah perkebunan.

"Sekarang banyak alih fungsi lahan, tak boleh kebun beralih, karena itu sudah anugerah Tuhan, harus dioptimalkan untuk kesejahteraan," tandas Edy.


Lebih lanjut, Edy juga mengungkapkan bahwa kesehatan adalah prioritasnya juga. Menurutnya, angka kematian ibu dan anak masih tinggi di Sumut, sehingga perlu ditangani dengan serius.

Setelah memaparkan prioritasnya, Edy Rahmayadi menerima cendera mata dari APPSI serta mengenakan rompi ekspedisi sebagai bentuk dukungan pada Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur. Tidak lupa Edy juga memakaikan kain ulos kepada tim ekspedisi sebagai bentuk sambutan dalam tradisi masyarakat Sumut.

Baca selengkapnya ekspedisi APPSI di link ini.
(idr/idr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed