detikNews
Jumat 07 September 2018, 23:18 WIB

Sempat Ditolak 2 Kali, Duit buat Pendamping Rembuk RW Disetujui DPRD

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Sempat Ditolak 2 Kali, Duit buat Pendamping Rembuk RW Disetujui DPRD Sekda DKI Saefullah (Zhacky/detikcom)
Jakarta - DPRD DKI akhirnya menyetujui anggaran transportasi untuk pendamping RW dan musrenbang. Anggaran Rp 1,6 miliar itu telah ditolak dua kali, tapi akhirnya disetujui oleh Dewan.

Sekda DKI Saefullah dalam rapat kembali mengajukan anggaran tersebut. Dia beralasan anggaran itu mempunyai dampak yang baik untuk penyerapan di Jakarta.

"Pendampingan RW ini untuk memperbaiki Jakarta 10 hingga 15 tahun ke depan, nilai edukasinya baik sekali untuk generasi selanjutnya. Kalau Pak Gembong (Warsono) bilang mencurigakan, mencurigakan apa?" jelas Saefullah dalam rapat Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) 2018 di DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (7/9/2018).



Saefullah mengatakan pendamping dibutuhkan untuk membantu musrenbang di tingkat RW yang dinilai banyak pengurus RW kesulitan. Dia menuturkan pendamping akan diisi anak-anak muda yang akan membantu tugas Pemprov DKI.

"Pengalihannya ada, bahwa angka ini untuk jasa transportasi anak-anak yang memberikan pendampingan. Kita saja di forum ini masih ada salah persepsi, bagaimana di bawah sana?" jelas Saefullah.

Anggota Banggar Gembong Warsono masih tidak setuju dengan usulan itu. Dia tidak ingin pendamping diisi orang-orang yang tidak jelas.

"Siapa yang jadi pendamping, tolong dijelaskan, Pimpinan," ucap Gembong.



Sementara itu, Wakil Ketua Badan Anggaran M Taufik menyarankan agar anggaran Rp1,6 miliar itu disatukan dengan anggaran penyelenggaraan musrenbang agar tidak menjadi pos anggaran baru. Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi akhirnya menyetujui opsi tersebut dan akhirnya mengetuk palu.

"Saya sudah setujui penebalan anggaran di musrenbang," kata Prasetio.

Aturan anggaran pendamping diatur dalam Pergub Nomor 81 Tahun 2018. Anggaran yang diberikan sebesar Rp 150 ribu per orang per hari.
(fdu/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed