Kiat Ridwan Kamil Jaga 'Kemesraan' dengan Kang Uu

Kiat Ridwan Kamil Jaga 'Kemesraan' dengan Kang Uu

Nur Azizah - detikNews
Jumat, 07 Sep 2018 15:23 WIB
Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rengga Sancaya/detikcom)
Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Selama satu periode menjabat, pasangan gubernur dan wakil gubernur sudah semestinya saling melengkapi. Namun tak jarang di beberapa daerah hubungan keduanya hanya harmonis di awal-awal masa jabatan atau istilahnya pada waktu 'bulan madu'.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki resep untuk menjaga hubungan harmonis dengan wakilnya, Uu Ruzhanul Ulum (Kang Uu). "Begini, gubernur sama wakilnya itu kayak hubungan suami-istri. Jadi memang kuncinya apa coba? Percaya. Percaya nggak? Kalau nggak percaya, kan susah. Dia cerita, dia meyakinkan, kalau kita nggak percaya?" kata dia dalam acara Blak-blakan dengan detikcom yang tayang hari ini, Jumat, 7 September 2018.



Pria yang akrab disapa Emil itu akan membangun rasa saling percaya sejak awal. "Ini kalau sudah rasa percaya, Pak Uu, kita dalam koridor aturan. Saya juga sama. Jadi saya akan membangun dan menancapkan fondasi kepercayaan atau trust itu dari awal. Supaya kita selamat sampai akhir," kata lulusan S1 Arsitektur Institut Teknologi Bandung itu.

"Itu saya transfer hubungan dunia cinta menjadi dunia politik, kira-kira gitu. Trust," tambahnya.

Emil yakin bisa saling melengkapi dengan mantan Bupati Tasikmalaya itu. Uu ahli di bidang pertanian, pedesaan, dan pernah mendapat penghargaan dari Presiden Jokowi. "Saya di perkotaan," kata Emil.



Lalu, bagaimana pembagian tugasnya?

Mengutip undang-undang tentang kepala daerah, Emil menyebut tak ada aturan soal pembagian tugas gubernur dengan wakil gubernur. Wakil gubernur berfungsi ketika gubernur tak bisa menjalankan tugas. Ketika gubernur tidak ada, wakil akan menggantikannya.

"Jadi secara tertulis kita nggak akan ada pembagian. Tapi secara politik berdua kan kita menang bareng, berjuang bareng, tentu saya akan atur, ya," kata Emil.




Tonton juga 'Blak blakan Ridwan Kamil: Bawa Cinta ke Panggung Politik':

[Gambas:Video 20detik]

(erd/imk)