Demokrat Siap Beri Jokowi Masukan soal Pelemahan Rupiah

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Jumat, 07 Sep 2018 14:22 WIB
Andi Arief (Muhammad Adimaja/Antara Foto)
Jakarta - Nilai tukar rupiah yang masih lemah terhadap dolar Amerika Serikat masih jadi perhatian Partai Demokrat atau PD. Partai yang dipimpin Presiden ke-6 RI itu siap memberikan masukan kepada Presiden Joko Widodo terkait isu pelemahan rupiah.

"Jika diperlukan, Partai Demokrat, yang saat berkuasa mampu atasi persoalan rumit di tahun 2008, siap memberi masukan kepada Pak Jokowi. Ini bukan soal kredit politik, tapi menyangkut lebih besar dari itu, ada nasib rakyat. Sekali lagi jika diperlukan," ucap Wasekjen PD Andi Arief, Jumat (7/9/2018).


Andi Arief berbicara tentang langkah-langkah pemerintah dalam mengatasi pelemahan rupiah. Menurut Andi, pemerintah telah menaikkan pajak impor atas seribu lebih barang, menunda beberapa pembangunan infrastruktur, dan mengeluarkan sejumlah imbauan.

"Apakah akan efektif? Belum ada penjelasan. Yang jelas, kode dari Menkeu bahwa saat ini terjadi badai yang sempurna," kata Andi.


Andi mempertanyakan perlindungan pemerintah terhadap rakyat miskin. Apa pun yang dilakukan pemerintah saat ini untuk mencari terobosan mengatasi pelemahan rupiah, kata Andi, akan didukung Partai Demokrat. Namun Andi menegaskan kader partai berlambang bintang Mercy itu tak akan berhenti mengingatkan pemerintah untuk terus melindungi rakyat miskin/mendekati miskin dari dampak pelemahan rupiah.

"Disarankan pemerintah lebih mengutamakan cari keberpihakan-keberpihakan yang efektif atasi pelemahan rupiah dan dampaknya ketimbang sibuk membela diri atas sesuatu yang sudah terjadi saat ini. Apa pun, ekonomi kita sedang terganggu," tegas Andi.




Tonton juga 'Tukar Dolar AS Miliknya, Peran Sandi Perkuat Rupiah':

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/van)