Polri Punya Pesawat Baru CN295

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 07 Sep 2018 11:16 WIB
Pesawat CN295 yang dibeli Polri dari PT Dirgantara Indonesia (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Jakarta - Polri memiliki pesawat CN295 yang dibeli dari PT Dirgantara Indonesia. Pesawat ini akan mengoptimalkan operasi Polri.

Serah-terima pesawat CN295 dilakukan di Mako Ditpoludara Baharkam Polri, Pondok Cabe Tangerang Selatan, Jumat (7/9/2018). Secara simbolis dilakukan penyerahan kunci dan dokumen resmi dari PTDI kepada Polri, yang diwakili Kabaharkam Polri Komjen Moechgiyarto.

Komjen Moechgiyarto berharap penambahan armada Polri dengan kehadiran CN295 bisa memperlancar tugas-tugas dari Kepolisian Udara, terutama untuk mencegah gangguan kamtibmas.




"Pesawat ini bisa digunakan untuk angkut-drop barang dan sebagainya, juga bisa untuk penerjunan. Bisa juga untuk VIP. Jadi sangat multifungsi, dan ini juga bisa kita gunakan untuk mendukung kegiatan Polri," imbuhnya.

CN295 adalah produk pesawat program kerja sama PTDI dengan Airbus Defence & Space. Pesawat ini bisa mengangkut beban 9 ton 200 kg.

Pesawat ini berkapasitas 70 penumpang. CN295 digerakkan dua mesin turboprop Pratt and Whitney, yang lebih besar tenaganya dibandingkan dengan CN235.

"Jadi saya kira ini bisa memenuhi operasi Polri," ujar Dirut PT Dirgantara Indonesia Elfien Goentoro.



Tonton juga 'Polri Beli Pesawat CN295 Buatan Anak Negeri':

[Gambas:Video 20detik]

(fdn/hri)