DetikNews
Kamis 06 September 2018, 10:42 WIB

Pemulihan Gempa Lombok, Mensos Siapkan Program Rehabilitasi

Tsarina Maharani - detikNews
Pemulihan Gempa Lombok, Mensos Siapkan Program Rehabilitasi Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Tsarina Maharani/detikcom)
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Jakarta - Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut pihaknya tengah menyiapkan program rehabilitasi di masa pemulihan gempa Lombok, NTB. Selain rehabilitasi, tim dari Kemensos untuk trauma healing sudah diterjunkan ke lokasi.

"Rehabilitasi sosial itu fokusnya pada program-program trauma healing dan sudah menerjunkan sekitar 90 pendamping LDP, layanan dukungan psikologi sosial yang sudah kami sebar di sekitar 12 titik di seluruh NTB, Lombok, dan Sumbawa," kata Agus di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (6/9/2018).


Program kedua yang dipersiapkan ialah perlindungan sosial bagi korban terdampak bencana. Program-program lainnya, sebut Agus, juga tengah dirancang untuk mendukung kedua program tersebut.

Agus mengatakan, pemerintah menginginkan para korban terdampak bencana siap secara psikologis ketika nanti sudah kembali ke hunian masing-masing. Sementara ini, program pembangunan fisik juga tengah dilakukan pemerintah.


"Jadi Insyaallah ketika nanti para pengungsi kembali ke rumahnya, psikologisnya juga siap sehingga mereka akan menjadi manusia normal sebelum bencana," tukas Agus.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengeluarkan Inpres Nomor 5 Tahun 2018 tentang percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana gempa bumi di kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Mataram dan wilayah terdampak di NTB. Inpres diteken pada 23 Agustus 2018.


Dijelaskan dalam Inpres, pemerintah akan melakukan rehabilitasi melalui perbaikan lingkungan bencana, perbaikan prasarana dan sarana umum, pemberian bantuan perbaikan rumah masyarakat, pemulihan sosial psikologis, pelayanan kesehatan, pemulihan sosial, ekonomi, dan budaya, pemulihan keamanan dan ketertiban, pemulihan fungsi pemerintahan dan pemulihan fungsi pelayanan publik.




Tonton juga 'Lombok Bebenah, Fasilitas Umum Ditargetkan Rampung Akhir 2018':

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/dkp)
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed