Nyaleg, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Mundur

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 05 Sep 2018 20:17 WIB
Gubernur Sumsel Alex Noerdin (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Noerdin dan Ishak Mekki, mundur dari jabatannya. Keputusan itu diambil lantaran keduanya maju sebagai calon anggota legislatif atau nyaleg di DPR.

"Gubernur Sumatera Selatan mengajukan surat mundur dari jabatannya tanggal 10 Juli, sedangkan wakilnya, Ishak Mekki, ini kami terima surat pengundurannya tanggal 27 Agustus kemarin," ucap Plt Ketua DPRD Sumsel Yansuri, Rabu (5/9/2018).

Yansuri menyebut Alex berencana maju sebagai caleg lewat daerah pemilihan (dapil) Sumsel 2. Sedangkan Ishak disebut maju lewat dapil Sumsel 1.




Dalam waktu dekat, DPRD Sumsel berencana menggelar rapat paripurna untuk menyikapi surat pengunduran diri keduanya. "Secepatnya akan digelar paripurna, tapi tetap menunggu dari KPU mengeluarkan DCT (Daftar Caleg Tetap) 23 September nanti. Ada paripurna istimewa," ucapnya.

"Masa jabatan mereka kan habis pada 7 November, jadi setelah mundur nanti ada pejabat dari Kementerian Dalam Negeri yang mengisi, sampai jabatan berakhir," imbuh Yansuri.

Terkait pelantikan gubernur terpilih 2018-2023, Herman Deru dan Mawardi Yahya, yang direncanakan pada 27 September nanti, Yansuri belum bisa memastikan. "Belum tahu, belum ada undangan yang kami terima. Tapi biasanya akan dilantik di Istana oleh Presiden," ucap Yansuri. (dhn/dhn)