Mufidah Kalla Minta 9 Istri Gubernur Kembangkan Kerajinan Nusantara

Faiq Hidayat - detikNews
Rabu, 05 Sep 2018 15:15 WIB
Ketum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Kalla
Jakarta - Ketum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Mufidah Kalla melantik para istri gubernur terpilih sebagai Ketua Dewan Kerajinan Daerah. Mufidah meminta istri Gubernur itu mengembangkan kerajinan nusantara.

"Sinergitas dekranasda provinsi maupun dekranasda kabupaten dan kota sangat perlu dilakukan agar hasil pembinaan kepada perajin dapat maksimal sehingga upaya kita semua dapat dirasakan oleh perajin nusantara dan meningkatkan daya saing perajin yang pada gilirannya lembaga dikenal mumpuni karena sudah menjadi lembaga yang handal dalam keikutsertaannya menyejahterakan para perajin kita," ucap Mufidah saat sambutan pelantikan ketua Dekarnasda di Kemendagri, Jalan Medan Merdeka, Rabu (5/9/2018).


Mufidah juga menyampaikan Dekarnas akan menyelenggarakan pameran kerajinan pada Rabu (26/9) mednatang. Dalam pameran itu, Dekarnas akan menampilkan aneka produk Indonesia.

"Oleh karena itu kami berharap kepada ketua Dekranasda yang baru dilantik dapat menyiapkan keikutsertaan pada kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya," ujar Mufidah.
Mufidah Kalla Minta 9 Istri Gubernur Kembangkan Kerajinan NusantaraFoto: 9 Istri Gubernur terpilih dilantik menjadi Ketua Dekranasda (Faiq/detikcom)

Mufidah meminta para istri gubernur terpilih untuk segera membentuk pengurus Dekranasda. Diharapkan para istri gubernur terpilih itu segera menyusun program kegiatan kerajinan.

"Tentunya dalam menyusun program kegiatan tersebut harus tetap mengacu pada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga," pesan Mufidah.


Mufidah menambahkan Dekranas merupakan organisasi independen dan nirlaba yang berfungsi melestarikan dan mengembangkan warisan budaya nusantara. Karena itu penting untuk membina dan mengembangkan seni kerajinan untuk meningkatkan kesejahteraan para perajinan Indonesia.

"Selama ini sudah banyak program dan bagian yang dilakukan oleh dekranas dan dekranasda bersama dengan pemerintah pusat dan daerah serta lembaga terkait lainnya seperti perbankan, perusahaan BUMN dan swasta dalam membina kerajinan nusantara," ucap Mufidah.

(fai/ams)