DetikNews
Rabu 05 September 2018, 13:10 WIB

Anies: Tantangan Unik Investasi di DKI dari Korupsi-Premanisme

Mochamad Zhacky - detikNews
Anies: Tantangan Unik Investasi di DKI dari Korupsi-Premanisme Gubernur DKI Anies Baswedan (Foto: Mochamad Zhacky Kusumo/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bicara mengenai tantangan berinvestasi di Ibu Kota. Menurutnya, terdapat sejumlah tantangan unik yang harus dihadapi investor mulai dari korupsi hingga premanisme.

"Ada beberapa tantangan yang di Jakarta cukup unik. Di antaranya soal praktik korupsi, praktek pungli (pungutan liar), soal pemalsuan dokumen, potensi kecurangan dalam kegiatan usaha, ada aksi premanisme. Itu semua hal-hal yang kita ketahui ada di masyarakat kita," kata Anies.

Hal itu disampaikan Anies saat memberikan sambutan dalam acara sosialisasi pedoman kerja Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dengan Polri, di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (5/8/2018).


Pemprov DKI sendiri menargetkan besaran investasi tahun 2018 ini sebesar Rp 9,3 triliun. Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu berharap setiap tahun ada kenaikan 6,5 persen.

"Di Jakarta, target investasi kita untuk lima tahun ke depan ini kita sudah proyeksikan. Tahun 2018 ini kita berharap Rp 93 triliun dan pada tahun 2022 kita berharap Rp 124 triliun. Kenaikannya kita harapkan setiap tahun sebesar 6,5 persen," terang Anies.


Berdasarkan data dari BKPM, untuk periode Januari-Juni 2018, total realisasi investasi yang masuk yakni sebesar Rp 361,6 triliun. Jumlah itu sudah termasuk penanaman modal dalam negeri (PMDN) dan penanaman modal asing (PMA).

Berdasarkan lokasi proyek, investasi terbesar yakni di Jawa Barat dengan nilai Rp 59,2 triliun, kemudian Jakarta Rp 58,7 triliun, Banten Rp 30 triliun, Jawa Tengah Rp 27,6 triliun, dan Jawa Timur Rp 24,6 triliun.



Saksikan juga video 'BBM Naik, Rupiah Melemah, DPR: Akan Ada Multiplier Effect':

[Gambas:Video 20detik]

Anies: Tantangan Unik Investasi di DKI dari Korupsi-Premanisme

(zak/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed