DetikNews
Senin 03 September 2018, 18:59 WIB

Relawan Ma'ruf Amin Bertemu Bhante Dhammasubho

Faiq Hidayat - detikNews
Relawan Maruf Amin Bertemu Bhante Dhammasubho Ma'ruf Amin (Andhika Dwi/detikcom)
Jakarta - Relawan Kiai Ma'ruf Amin dan Barisan Milenial Kiai Ma'ruf Amin bersilahturahmi ke Bhikku Bhante Dhammosubho Mahathera di Wisma Sanga Theravada, Jakarta. Silahturahmi dilakukan sebelum Pemuda Lintas Iman bakal mendeklarasikan 'Stop Provokasi' di Kramat Raya, Rabu (5/9) lusa.

Koordinator Nasional Kiai Ma'ruf Amin, Khairi Fuady, menyatakan deklarasi itu menyikapi situasi bangsa yang disebut semakin terpolarisasi ke arah perpecahan dan disintegrasi. Silaturahmi ke beberapa tokoh lintas agama dipandang diperlukan.

"Untuk melawan provokasi kebencian tidak boleh dengan kebencian yang sama. Kita konsisten dengan cara damai dan bermartabat, dialog, dan harmonisasi," ungkap Khairi dalam keterangan pers yang diterima detikcom, Senin (3/9/2018).


Relawan Ma'ruf Amin Bertemu Bhante DhammasubhoRelawan Ma'ruf Amin (dok. istimewa)

Khairi mengklaim beberapa kelompok lintas agama menyambut antusias rencana deklarasi antiprovokasi tersebut. Mereka berharap semua pihak mampu menahan diri dan mampu menciptakan iklim demokrasi yang beradab serta memberikan pencerahan untuk masyarakat.

"Sudah selayaknya. Demokrasi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan. Bukan dengan kebencian dan sentimen keagamaan, " tambah Khairi.

Sementara itu, Bhikkhu Bhante Dhammosubo mengaku senang terhadap gagasan membangun kebersamaan antarumat beragama. Menurut Bhante, generasi muda harus dijaga dalam keharmonisan.

"Sejarah bangsa ini adalah sejarah yang harmoni. Ini yang senantiasa harus kita semai dan kita jaga sebagai anak bangsa," pesan Bhante.
(fai/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed