Bikin Macet Jalan Raya Bogor, PKL di Pasar Cisalak Ditertibkan

Matius Alfons - detikNews
Senin, 03 Sep 2018 14:03 WIB
Foto: Matius Alfons/detikcom
Depok - Satpol PP Kota Depok menertibkan puluhan pedagang kaki lima (PKL) yang berada dari depan Pasar Cisalak, tepatnya di Jalan Raya Bogor, Cisalak. Keberadaan para PKL yang di pinggir jalan ini kerap memacetkan arus lalu lintas Jalan Raya Bogor.

Kabid Tranmastibum dan Panwal Satpol PP Kusumo mengatakan, para PKL tersebut melanggar Perda No 16 Tahun 2012 karena berjualan di atas trotoar dan saluran air.
Pembongkaran PKL di Pasar Cisalak, Jalan Raya BogorPembongkaran PKL di Pasar Cisalak, Jalan Raya Bogor Foto: Matius Alfons/detikcom
"Kami akan menertibkan pedagang-pedagang ini supaya masuk (ke Pasar Cisalak)," kata Kusumo kepada wartawan di lokasi, Senin (3/9/2018).

Sejak pembangunan gedung Pasar Cisalak, para pedagang sudah diminta masuk dan berjualan di dalam kawasan pasar. Namun, sebagian pedagang tidak mau pindah dan memilih tetap bertahan di pinggir Jalan Raya Bogor.
Pasar Cisalak yang baru dibuat lebih modern dengan bangunan permanen terdiri dari 4 lantai, lengkap dengan area parkir hingga lift. Sejak berdiri, pasar tampak sepi karena sebagian pedagang masih berjualan di luar hingga di trotoar Jalan Raya Bogor.

"(Pasar) tidak ramai karena mereka pedagang menjual dagangannya di pinggir jalan. Kemudian ini merampas hak pejalan kaki yang mana seharusnya pejalan kaki berjalan di trotoar, ini malah dipakai dagang sehingga khawatir bisa kecelakaan," tuturnya.

Pihak Satpol PP telah melayangkan peringatan sejak Selasa (28/8) lalu. Tidak ada perlawanan dari para pedagang ketika petugas menertibkan bangunan para PKL tersebut.

Keberadaan para PKL ini membuat Jalan Raya Bogor macetKeberadaan para PKL ini membuat Jalan Raya Bogor macet Foto: Matius Alfons/detikcom
(mea/mea)