DetikNews
Senin 03 September 2018, 09:21 WIB

Selain RI, Ini Negara yang Tak Punya Hubungan dengan Israel

Faiq Hidayat - detikNews
Selain RI, Ini Negara yang Tak Punya Hubungan dengan Israel Ilustrasi Bendera Israel (Foto: DW (News)
Jakarta - Vlogger Nuseir Yassin atau Nas Daily dilarang masuk ke Indonesia. Nas Daily menduga larangan itu karena dirinya berpaspor Israel.

Indonesia diketahui tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel. Selain Indonesia, ada beberapa negara yang juga tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel yaitu Malaysia, Iran, Arab Saudi, Brunei Darussalam, Bolivia, Venezuela, dan Palestina.



Dirangkum dari beberapa sumber, Iran sangat menentang Israel sejak revolusi Islam pada 1979. Penyebab putusnya hubungan diplomatik itu karena Iran mendukung perjuangan Palestina.

Sama dengan Iran, Malaysia juga tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel karena pendudukan wilayah Palestina. Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, juga menentang keputusan Amerika Serikat yang membuka ke dubes di Yerusalem.

Selain itu, Arab Saudi yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel karena resolusi PBB mengenai pengakuan Israel dan pembagian wilayah Palestina.

Sementara itu, Venezuela memutuskan hubungan dengan Israel setelah serangan militer ke Gaza, Palestina. Sedangkan Bolivia menyebutkan Israel sebagai negara teroris karena menyerang negara Palestina.

Berikut negara-negara yang tak punya hubungan diplomatik dengan Israel:

Malaysia

Iran

Arab Saudi

Brunei Darussalam

Venezuela

Bolivia

Palestina

Simak Juga 'Kisah Vlogger Nas Daily Ditolak Masuk Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]


Selain RI, Ini Negara yang Tak Punya Hubungan dengan Israel

(fai/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed