Air Zamzam 'Ganti Presiden', Golkar: Bedakan Momen Ibadah dan Politik

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Jumat, 31 Agu 2018 07:19 WIB
Foto: Viral foto zamzam '2019 ganti presiden' dibagikan ke jemaah haji
Jakarta - Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily menyayangkan adanya kemasan air zamzam bertuliskan #2019GantiPresiden yang dibagikan kepada jemaah haji Indonesia. Ia menuturkan, harus dibedakan momentum ibadah dengan kepentingan politik.

"Sungguh saya sangat menyayangkan pihak-pihak yang menggunakan ibadah haji untuk kepentingan politik. Kita harus membedakan momentum ibadah dengan politik. Harus dibedakan antara keduanya. Dua ranah yang berbeda," kata Ace kepada detikcom, Kamis (30/8/2018).

Ia mengatakan, tagar tersebut adalah persoalan politik yang berorientasi pada kekuasaan dunia. "Soal #2019GantiPresiden itu soal politik. Orientasinya kekuasaan dan dunia. Ada waktunya kita berpolitik," ujarnya.

Dengan begitu, dikatakan oleh Ace, alih-alih mendapat pahala yang ada malah sebaliknya. Ia pun mengimbau agar masyarakat Indonesia dapat membersihkan hati dan meluruskan kembali niat beribadah.

"Alih-alih kita mendapatkan pahala haji Mabrur, yang ada justru sebaliknya. Mari bersihkan hati dan pikiran kita. Luruskan kembali niat kita. Perbaiki manasik haji kita," tutur Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI yang membidangi masalah haji tersebut.

Di media sosial beredar foto kardus berisi air zamzam dengan tulisan #2019GantiPresiden tengah dibagikan kepada jemaah haji asal Indonesia. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sedang mengusut kejadian di foto itu.

"Terkait dengan viral zamzam berlogo itu, kami mendapatkan informasi yang sama. Kami sedang mengumpulkan informasi dari berbagai pihak," ujar Pengendali Teknis PPIH Arab Saudi Mastuki kepada detikcom, Kamis (30/8).



Cek juga video Menag Sesalkan Ada Jemaah Haji Kibarkan Kaus #2019GantiPresiden (yas/nvl)