Seknas Jokowi Minta Menag Usut Zamzam #2019GantiPresiden

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Jumat, 31 Agu 2018 05:20 WIB
Ketua Umum Seknas Jokowi Muhammad Yamin (Foto: Ari Saputra/detikcom).
Jakarta - Relawan Seknas Jokowi menyesalkan adanya kemasan air zamzam bertuliskan #2019GantiPresiden yang dibagikan kepada jemaah haji Indonesia. Ketua Umum Seknas Jokowi, Muhammad Yamin pun meminta agar pihak Kementerian Agama segera mengusut hal tersebut.

"Kami meminta Menteri Agama segera mengusut perilaku oknum penyelenggara haji yang mengotori kesucian ibadah haji tersebut. Jangan terjadi pembiaran lagi, karena aksi seperti ini sudah terjadi berkali-kali selama ibadah haji tahun ini," kata Yamin dalam keterangannya, Kamis (30/8/2018).

Lebih lanjut ia menuturkan, yang dilakukan oleh oknum penyelenggara haji tersebut tidak pada tempatnya. Pasalnya, dikatakan oleh Yamin, oknum tersebut telah mempolitisasi pelaksanaan ibadah haji.

"Kalau mau berpolitik, silakan dilakukan saat kampanye pilpres nanti. Janganlah bersikap pengecut, bahkan sampai mempolitisasi ibadah haji," ujarnya.

Sebelumnya, beredar foto yang memperlihatkan para jemaah haji asal Indonesia tengah dibagikan air zamzam yang bertuliskan #2019GantiPresiden pada kemasannya. Tak hanya itu, sebelumnya juga video jemaah haji Indonesia tengah 'mengibarkan' kaus dengan tagar tersebut saat prosesi puncak haji di Mina. (yas/nvl)