Usai Ditertibkan, Masih Ada Ojol yang Naik ke Trotoar Sarinah

Usai Ditertibkan, Masih Ada Ojol yang Naik ke Trotoar Sarinah

Nur Azizah - detikNews
Kamis, 30 Agu 2018 20:22 WIB
Kondisi trotoar Sarinah, Kamis (30/8). (Nur Azizah/detikcom)
Kondisi trotoar Sarinah, Kamis (30/8). (Nur Azizah/detikcom)
Jakarta - Dishub DKI sudah menertibkan ojek online (ojol) yang mangkal dan memenuhi trotoar di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. Sore hingga malam ini, masih ada pengemudi ojek online yang singgah di trotoar.

Pantauan detikcom di trotoar Sarinah sejak pukul 17.40 WIB, Kamis (30/8/2018), sejumlah pengemudi ojek online tampak parkir dan menunggu penumpang. Namun jumlah tidak sebanyak sebelum ditertibkan.



Mereka itu tidak lama berada di trotoar. Hanya sekitar 10 menit, mereka bergerak meninggalkan trotoar dengan membawa penumpang.

"Ya (biasa menunggu di sini). Khusus ojol, pejalan kaki bisa lewat di samping," ujar salah satu pengemudi ojek online yang enggan disebutkan namanya.

Kondisi trotoar Sarinah, Kamis (30/8) sore (Nur Azizah/detikcom)Kondisi trotoar Sarinah, Kamis (30/8) sore. (Nur Azizah/detikcom)

Pejalan kaki menggunakan trotoar seperti biasa dan tampak tidak menggubris kehadiran motor-motor yang diparkir di trotoar. Bahkan beberapa pejalan kaki ada yang mampir untuk membeli rokok dan minuman kepada pedagang yang berjualan.

Salah satu pedagang di trotoar Sarinah, Zubaidah, menuturkan cukup sering kena tegur oleh petugas. Namun, menurutnya, hal itu tidak membuatnya takut karena ia mencari nafkah.

"Ya, kalau ditegur, tinggal lari. Takut sih nggak, ya namanya orang dagang. Saya jualan kalau sore saja di sini, kalau pagi saya di dalam, di pinggir," kata Zubaidah.

Usai Ditertibkan, Masih Ada Ojol yang Naik ke Trotoar SarinahKondisi trotoar Sarinah, Kamis (30/8) sore. (Nur Azizah/detikcom)

Menjelang malam, jumlah motor yang parkir di lokasi itu berkurang, tapi jumlah pedagang justru bertambah. Bahkan ada yang menyusun kursi-kursi untuk pelanggan di sekitar gerobaknya. (imk/hri)