DetikNews
Kamis 30 Agustus 2018, 16:56 WIB

Polisi Usul Ganjil-Genap Diperpanjang Sampai Asian Paragames

Arief Ikhsanudin - detikNews
Polisi Usul Ganjil-Genap Diperpanjang Sampai Asian Paragames Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Polda Metro Jaya mengusulkan perluasan sistem ganjil-genap yang diterapkan pada Asian Games diperpanjang sampai penyelenggaraan Asian Paragames di Jakarta. Ganjil-genap selama Asian Games dinilai efektif mengurangi kemacetan Jakarta.

"Kalau kami kemarin merekomendasikan ini, kan bulan 10 (Oktober) ada Inapgoc, Asian Paragemes. Kalau saya merekomendasikan (ganjil-genap) sampai itu Paragames selesai, karena Paragames begini juga sama," ucap Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf, kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (30/8/2018).

Yusuf juga setuju jika perluasan ganjil-genap diterapkan secara permanen. Yusuf mencatat ada perbaikan arus lalulintas saat penerapan ganjil genap.


Penyampaian itu pun disampaikan oleh Yusuf dalam forum grup diskusi (FGD) dengan beberapa instansi terkait. Hal yang dia utarakan misalnya mengenai berkurangnya pelanggaran ganjil genap.

"Kalau dari bidang Lantas sendiri, dengan adanya ganjil genap ini, yang pertama pelanggarannya semakin lama semakin turun. Berarti masyarakat dari awal mungkin tidak tahu lama-lama menjadi tau," ucap Yusuf.

"Yang kedua, dengan adanya ganjil genap ini memang kita lihat secara empirik yang kita alami itu terjadi peningkatan kecepatan di lokasi-lokasi ganjil genap. Peningkatan antara 20-30 km perjam," kata Yusuf.

Selain itu, Yusuf pun menyampaikan perkembangan perpindahan masyarakat menggunakan transportasi umum. Hal tersebut disampaikan oleh pihak Transjakarta.

"Perpindahan transportasi dari kendaraan pribadi ke umum itu yang lebih ada peningkatan lah. itu datanya ada di Transjakarta ya," kata Yusuf.




Tonton juga 'Usai Asian Games, Jakarta Lanjutkan Kebijakan Ganjil-Genap?':

[Gambas:Video 20detik]


(aik/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed