DetikNews
Rabu 29 Agustus 2018, 16:20 WIB

Rommy Usul Pinjaman Bebas Bunga untuk UKM Terus Ditambah

Nabilla Putri - detikNews
Rommy Usul Pinjaman Bebas Bunga untuk UKM Terus Ditambah Foto: Dok. PPP
Purbalingga - Ketua Umum PPP, M. Romahurmuziy, menyebut saat ini ada tujuh kelemahan yang dihadapi UKM Indonesia di antaranya adalah permodalan dan pemasaran. Selain itu ada masalah kelembagaan, teknologi produksi, kualitas SDM, menjaga kualitas, hingga penelitian dan pengembangan (Litbang).

Menurut Rommy, di bidang permodalan, program Mekaar (Membina Keluarga Sejahtera) yang dimiliki pemerintah memungkinkan pelaku UKM mendapatkan pinjaman Rp 2 hingga Rp 5 juta tanpa dibebani bunga.

"Pemerintah telah memulai program Mekaar pada tahun lalu yang menjangkau dua juta orang kemudian bertambah menjadi empat juta orang tahun ini. Tahun depan sebagaimana nota keuangan pemerintah akan ditingkatkan lagi jumlahnya," kata Rommy, dalam keterangan tertulis (29/8/2018).

Hal tersebut ia ungkapkan saat menjadi pembicara seminar Peran Sektor Keuangan dalam Pengembangan UKM di Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu (29/8/2018).


Program Mekaar yang dijalankan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) ini mendapatkan sambutan positif dari pelaku UKM, karena peningkatan jumlah penerima. Bahkan, sangat banyaknya UKM yang berharap pada pinjaman bebas bunga untuk memajukan usaha, juga menjadi salah satu sisi meningkatnya jumlah permintaan program Mekaar.

Namun demikian, jangan sampai hasil produk yang banyak tidak bisa dipasarkan ke konsumen. Untuk itu, selain permodalan, UKM juga harus bisa menjawab tantangan pemasaran. Beruntung saat ini banyak pemerintah daerah yang telah ikut memasarkan produk UKM mereka.

"Agar mudah dipasarkan pelaku UKM juga harus mampu menyajikan kemasan yang menarik serta kualitas yang baik," ungkap Rommy.

Rommy menyarankan, guna terus melakukan inovasi, baik inivasi produk maupun kemasan, pelaku UKM harus memanfaatkan internet. Hal tersebut dikarenakan, para UKM dapat mencari semua pengetahuan yang diperlukan dengan mudah melalui situs Google.


"Jika belum terbiasa menggunakan internet, bisa tanya ke anak-anak mereka yang saat ini memang sudah terbiasa dengan dunia maya tersebut," papar Rommy.
(idr/idr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed