detikNews
Rabu 29 Agustus 2018, 12:59 WIB

Driver Go-Jek Makassar Demo Kebijakan Poin hingga Suspend Massal

Ibnu Munsir - detikNews
Driver Go-Jek Makassar Demo Kebijakan Poin hingga Suspend Massal Foto: Massa ojek online demo (Munsir-detik)
Makassar - Massa driver Go-Jek kembali mengelar aksi unjuk rasa di Jalan Sultan Alauddin, Kecamatan Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan. Unjuk rasa ini digelar menuntut rencana penurunan poin untuk orderan Go-Food yang dinilai merugikan ojek online.

"Kami merasa dibebani dengan kebijakan baru Go-Jek khususnya penurunan poin untuk orderan Go-Food. Penurunan poin untuk orderan Go-Food ini menjadi beban kita, kita fikirmi harus cari 30 poin dalam sehari sementara poin persatu pesanan Go-Food hanya 1,5 poin yang sebelumnya 2 poin ja di sangat berat," kata jubir driver Go-Jek Makassar, Abdul Aziz ditemui di depan Kantor Go-Jek, Jalan Sultan Alauddin, Rabu (29/8/2018).



Aziz menjelaskan kebijakan Go-Jek menjadi beban tersendiri bagi para driver. Pasalnya orderan Go-Food yang sulit hingga saingan perusahaan kendaraan online yang kerap menawarkan promo menjadi beban tersendiri ratusan driver yang mengantungkan nasibnya ke pihak Go-Jek.

"Mana saingan tetangga sebelah lagi promo-promo terus jadi semakin sulit kita dapat orderan Go-Food apalagi poin dikasih turun, " jelasnya.

Selain pengurangan poin Go-Food, ratusan driver ini juga menuntut suspend sepihak yang dilakukan oleh pihak Go-Jek tanpa ada kejelasan dan pelanggaran jelas dari para driver.


Driver Go-Jek Makassar Demo Kebijakan Poin hingga Suspend MassalFoto: Massa ojek online demo (Munsir-detik)


"Jumlahnya banyak kasihan, sekitar 300-400 orang driver telah di-suspend hanya tanpa alasan yang jelas. Bayangkan kalau ada orderan dengan orang yang sama masa kena suspend, padahal mungkin kebetulan driver itu yang kena orderan lagi," teganya.

Untuk target 30 poin dari order ini, ojek online mendapatkan Rp 200 ribu, 25 poin Rp 55 ribu, 20 poin Rp 40 ribu, 12 poin Rp 25 ribu, dan 7 poin Rp 10 ribu.

Para ojol ini berharap kebijakan yang akan diberlakukan oleh pihak Gojek tidak diberlakukan agar tidak membebani pekerjaan lebih dari para ojek online di Makassar.


(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com