Baca Kesimpulan di Sidang PK, Jero Wacik Minta Dibebaskan

Baca Kesimpulan di Sidang PK, Jero Wacik Minta Dibebaskan

Faiq Hidayat - detikNews
Senin, 27 Agu 2018 13:11 WIB
Jero Wacik (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jero Wacik (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Jero Wacik meminta Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan peninjauan kembali (PK) yang diajukannya. Mantan Menteri ESDM itu ingin dibebaskan dari hukumannya.

"Membebaskan pemohon dari seluruh dakwaan atau lepas dari segala tuntutan hukum atau mengurangi hukuman pemohon," ucap Jero membacakan kesimpulan dalam sidang PK di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (27/8/2018).

Kesaksian tertulis mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tentang prestasinya sebagai Menteri Pariwisata disebut Jero sebagai novum. Selain itu, Jero juga menempatkan kesaksian Jusuf Kalla (JK).
"Izin mengutip kata Wapres Jusuf Kalla yang intinya dari sidang PK mengucapkan saya berharap hukuman dapat diringankan," kata Jero.

Jero mengklaim tidak ada kerugian negara dalam kasusnya. Selain itu, Jero meminta agar KPK mengembalikan harta kekayaannya yang telah disita KPK.

PK yang diajukan Jero itu atas hukumannya terkait perkara dana operasional menteri (DOM). Jero dihukum 4 tahun penjara di pengadilan tingkat pertama.

Di tingkat banding, lamanya hukuman Jero tetap sama hingga akhirnya diajukan ke kasasi. Mahkamah Agung (MA) pun memperberat hukuman Jero menjadi 8 tahun penjara.


Huni Sel Sukamiskin, Apa Kata Jero Wacik? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

Baca Kesimpulan di Sidang PK, Jero Wacik Minta Dibebaskan
(fai/dhn)