DetikNews
Minggu 26 Agustus 2018, 03:24 WIB

Satgas Saber Pungli Tangkap Oknum Polair Banten, Ini Kata Kapolda

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Satgas Saber Pungli Tangkap Oknum Polair Banten, Ini Kata Kapolda Foto: Ilustrasi oleh Basith Subastian/detikcom
Serang - Tim Satgas Saber Pungli berhasil menangkap oknum Polisi Air Polda Banten. Penangkapan terkait penyalahgunaan wewenang dengan cara minta uang pada pemilik kapal yang akan sandar.

Dalam penangkapan yang dilakukan sekitar Jumat (24/8) kemarin, ada dua perwira Polair Polda Banten yang diamankan. Salah satunya adalah inisial AKP A. Keduanya saat ini masih dalam pemeriksaan Polda Banten.



Kapolda Banten Brigjen Teddy Minahasa Putra pada Jumat pukul 23.00 WIB saat dikonfirmasi mengenai ini mengaku belum mendapatkan laporan utuh. Ia masih menyangkal ada penangkapan oleh Satgas Saber Pungli. Apalagi, ada OTT satgas di bawah koordinasi Kemenko Polhukam tersebut.

"Seandainya ada tentu yang memiliki kewenangan bukan Kemenko Polhukam. Sulit dipercaya betul (OTT) atau tidak," kata Teddy kepada wartawan.

Tapi, ia mengatakan, jika betul ada penangkapan tersebut, pihaknya akan menindaklanjuti informasi tersebut.



"Kalau toh benar pasti kita tindak lanjuti. Kita nggak akan tutup-tutupi kalau ada pelanggaran dan penyimpangan. Cuma mekanisme penanganannya juga harus benar. Tidak mungkin pemyimpangan dilakukan (ditindak) dengan cara menyimpang juga kan," ujarnya.

Kabar bahwa penangkapan oknum Polair Banten oleh Satgas Saber Pungli ini dibenarkan oleh Kadiv Propam Polri Brigjen Listyo Sigit Prabowo. Ia tidak memerinci penangkapan tersebut tapi penangkapan terkait adanya penyalahgunaan kewenangan oleh perwira inisial AKP A.

"Ada dugaan penyalahgunaan kewenangan oleh AKP A dan kawan-kawan, dan dilakukan oleh oknum Direktorat Polisi Air Polda Banten," kata Listyo saat dikonfirmasi detikcom.
(bri/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed