Laporan dari Mekah

Kagetnya Istri Jemaah Nganjuk Saat Suaminya Dibopong Jemaah Suriah

Fajar Pratama - detikNews
Sabtu, 25 Agu 2018 21:22 WIB
Imam Hambali (tengah) dan istrinya (kiri). Foto: Fajar Pratama/detikcom
Mekah - Siti Maemunah begitu kaget saat suaminya, Imam Hambali mendadak digendong jemaah haji dari Suriah di terowongan Mina. Siti merasa suaminya dalam keadaan sehat.

Kejadian Imam Hambali (60) digendong jemaah Suriah itu viral di media sosial setelah beredar video jemaah Suriah memanggul Imam di tengah keramaian di terowongan Mina.



"Saya kaget bapak mendadak digendong ke atas begitu," ujar Siti dalam perbincangan dengan detikcom di lobi New Al Marwah Hotel, Aziziah Janubiah, Mekah, Sabtu (25/8/2018).

Siti memastikan Imam dalam keadaan sehat. Sejak tiba pertama kali di Mekah pada 7 Agustus, Imam belum pernah meminta pertolongan karena kondisi kesehatan.

"Kalau bapak ya sehat. Bapak memang pernah dioperasi. Tapi kalau jalan ya cepat. Bahkan saya suka ketinggalan," ujar kepala sekolah salah satu madrasah di Nganjuk ini.

Pada Desember 2017 lalu, Imam menjalani operasi tulang belakang. Pasca operasi itu kondisi kesehatan Imam membaik namun masih ada imbas yang mengubah cara berjalannya.

"Cara berjalan saya memang jadi berbeda. Itu mungkin yang membuat jemaah haji dari Suriah itu iba," ujar Imam yang berada di samping Siti menimpali.

Kembali ke Siti, saat peristiwa terjadi aksi gendong itu terjadi pada Rabu (21/8) petang, dia tepat berada di samping Imam. Saat Imam mendadak digendong, dia menemani di samping jemaah-jemaah haji dari Suriah.



"Saya digandeng perempuan dari Suriah juga. Istri salah satu dari mereka," ujar Siti.

Setelah digendong selama kurang lebih 150 meter, Imam diturunkan di ujung terowongan Mina yang menghubungkan ke area perkemahan.

"Kami berjabat tangan. Saya mengucapkan terima kasih dalam jabat tangan itu," ujar Imam. (fjp/bag)