DetikNews
Kamis 23 Agustus 2018, 03:01 WIB

Cerita WNI Kumpul di KBRI Moskow Rayakan Idul Adha

Jabbar Ramdhani - detikNews
Cerita WNI Kumpul di KBRI Moskow Rayakan Idul Adha Suasana Idul Fitri di Moskow, Rusia (Foto: Dok. KBRI Moskow)
Moskow - Warga negara Indonesia (WNI) di Rusia ikut merayakan Hari Raya Idul Adha 1439 H. Beragam cerita hadir dari mereka yang merayakan Idul Adha di ibu kota Rusia, Moskow.

Perjuangan untuk dapat berkumpul dengan saudara sebangsa-senegara di hari raya ini dilakoni Erika Novi Frisca, mahasiswi yang sudah kuliah 3 tahun di Far Eastern Federal University (FEFU). Erika mesti terbang selama 9 jam dari Vladivostok untuk tiba di Moskow agar bisa salat id bersama WNI lainnya.

Ada pula Sarah Edna Fadilah Ramadhani, seorang mahasiswi S3 Kedokteran di Bashkir State Medical University di negara bagian Bashkortostan. Tak selama Erika, Sarah menghabiskan waktu 2 jam terbang untuk tiba di Moskow.


Sekitar 300 orang berkumpul di KBRI Moskow dalam Idul Adha tahun iniSekitar 300 orang berkumpul di KBRI Moskow dalam Idul Adha tahun ini (Foto: Dok. KBRI Moskow)

Sesuai edaran Dewan Mufti Rusia, masyarakat Indonesia di Moskow melaksanakan sholat Idul Adha pada hari Selasa (21/8). KBRI Moskow bekerja sama dengan Himpunan Persaudaraan Islam Indonesia (HPII) kemudian menggelar salat id tepat pukul 08.00 pagi hari di Ruang Serba Guna KBRI.

Selain Erika dan Sarah, ada sekitar 300 warga yang hadir. Tampak beberapa diplomat dari Nigeria yang turut bergabung dalam sholat Id kali ini. Bertindak selaku imam, Rifqi Zulkarnaen dan khatib adalah M Alfan Baedlowi, keduanya mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Moskow.

Pada kesempatan ramah tamah, Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M Wahid Supriyadi, menyampaikan ucapan selamat Idul Adha di tengah keprihatinan adanya bencana alam yang menimpa saudara-saudara kita di Lombok.


"Saya berharap semangat berkorban ini dapat disalurkan untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah di Lombok", ungkap Wahid lewat keterangan tertulisnya, Rabu (22/8/2018).

Makanan khas Idul Adha disajikan kepada hadirinMakanan khas Idul Adha disajikan kepada hadirin (Foto: Dok. KBRI Moskow)

Turut pula hadir, tim dan manajer para pendaki gunung Garuda Muda Indonesia yang terdiri dari 4 siswa Pecinta Alam SMA 68 Jakarta (Elpala), yaitu Geas Aldino, Ryan Muhammad Azizulfiqar, Salsa Khusnus Solekhani dan Timothy Jonathan. Mereka berhasil memecahkan rekor MURI sebagai pendaki gunung Indonesia termuda yang berhasil mencapai puncak Elbrus. Mereka tiba di puncak gunung tertinggi di Eropa itu tepat pada tanggal 17 Agustus 2018. Mereka didampingi oleh pendaki difabel Indonesia yang cukup berpengalaman, Sabar Gorky, dan alumni mere, Fransisca Onaria.

Pada kesempatan pendakian ini, tim pendaki Garuda Muda juga sempat bertemu dengan dua mahasiswa Indonesia pendaki gunung yang saat ini sedang belajar di kota Voronezh, yaitu Dhafin Shafwan Wirasugena dan Christophorus Hartawan. Kedua mahasiswa ini juga berhasil mencapai puncak Elbrus di tanggal yang sama.

Sebagaimana di tanah air, masyarakat Indonesia di Moskow juga dapat menikmati makanan khas Idul Adha seperti lontong, gule kambing, opor ayam, balado kentang goreng hati, telur balado, asinan, dan makanan lainnya.



Tonton juga video: 'Merayakan Idul Adha dengan Keberagaman di KBRI Berlin'

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed