DetikNews
Kamis 23 Agustus 2018, 00:09 WIB

Melihat Proses Pemotongan Hewan Kurban di RPH PD Dharma Jaya

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Melihat Proses Pemotongan Hewan Kurban di RPH PD Dharma Jaya Foto: Anies Baswedan dan anaknya, Kaisar Hakam, cek penyembelihan hewan kurban di RPH PD Dharma Jaya (Marlinda/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendatangi rumah pemotongan hewan (RPH) PD Dharma Jaya di Cakung, Jakarta Timur. Anies sempat melihat secara langsung proses pemotongan hewan kurban di RPH tersebut.

Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (22/8/2018), RPH PD Dharma Jaya Cakung ini tampak sibuk. Hal itu tak lain karena aktivitas pemotongan hewan yang meningkat pada Hari Raya Idul Adha 1439 ini.

RPH di kawasan Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur ini cukup luas. Di dalam, terdapat sejumlah kandang dan tempat khusus untuk menyembelih.


Alat yang digunakan untuk menyembelih pun cukup canggih. Dengan alat-alat tersebut pemotongan hewan kurban menjadi lebih cepat dan higienis.

"Ini adalah rumah potong hewan milik Dharma Jaya, tadi kita menyaksikan proses pemotongan sapi-sapi kurban dari pemprov menitipkan bersama ACT (Aksi Cepat Tanggap)," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di lokasi.

Masuk lebih ke dalam, ada satu ruangan khusus untuk hewan kurban yang sudah disembelih. Hewan kurban yang sudah disembelih itu digantung pada alat-alat khusus.


Selain alat potong, di RPH tersebut ada juga alat untuk mengecek organ dalam hewan. Alat tersebut akan menentukan layak atau tidak organ dalam hewan yang sudah dipotong untuk dikonsumsi.

Menurut Dirut PD Dharma Jaya Johan Romadhon, proses pemotongan hewan di RPH ini secara berkala dipantau oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Hal itu dilakukan untuk memastikan kehalalan proses pemotongan hewan di RPH Dharma Jaya.

"Pada dasarnya mereka tidak perlu khawatir masalah kehalalan karena dari MUI secara periodik bahkan untuk ngitung, sidak secara teratur mereka datang ke sini untuk memastikan proses masih tetap ditaati," ujarnya.

Pada Idul Adha tahun ini, RPH PD Dharma Jaya sendiri menyembelih 170 ekor sapi kurban. Sapi-sapi tersebut berasal dari ACT, masyarakat, dan instansi pemerintah.


Tonton juga video: 'Tips Menyembelih Hewan Kurban Agar Dagingnya Sehat'

[Gambas:Video 20detik]


(mae/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed