Anies: Kawasan Pacuan Kuda Steril dari Pemotongan Hewan Kurban

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 22 Agu 2018 22:30 WIB
Jakarta Equestrian Park (Foto: Mercy Raya/detikSport)
Jakarta Equestrian Park (Foto: Mercy Raya/detikSport)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kawasan sekitar arena berkuda atau Jakarta Equestrian Park (JEP) di Pulomas, Jakarta Timur sudah steril dari pemotongan hewan kurban hari ini.

Pada Idul Adha kali ini, Pemprov DKI memang melarang masjid yang berada dalam radius 1 km dari Jakarta Equestrian Park (JEP) untuk menampung dan memotong hewan kurban selama Asian Games 2018.

"Alhamdulillah sudah (steril dari pemotongan hewan kurban)," ujar Anies, di RPH PD Dharma Jaya, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (22/8/2018).


Anies pun menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada seluruh warga sekitar Jakarta Equestrian Park (JEP). Sebab, mereka dinilai telah memahami betapa pentingnya penyelenggaran Asian Games di Indonesia ini.

"Dan mereka tahu memang ini hanya sekali seperti ini, lebihnya nanti tahun depan udah aman," katanya.

Anies mengatakan, ada 29 masjid di sekitar Jakarta Equestrian Park (JEP) yang kemudian menampung dan memotong hewan kurbannya di rumah pemotongan hewan (RPH) milik PD Dharma Jaya.


"20 di sini (RPH PD Dharma Jaya Cakung), 9 di RPH Pulogadung yang punya Dharma Jaya juga," ungkap Anies.

Seperti diketahui, Jakarta Equestrian Park telah ditetapkan sebagai zona Equine Diseases Free Zone (EDFZ) atau zona bebas penyakit. Oleh karena itu Pemprov DKI melarang masjid yang berada dalam radius 1 km dari lokasi arena berkuda atau Jakarta Equestrian Park (JEP) untuk menampung dan memotong hewan kurban selama Asian Games 2018. Pemprov pun sudah menyiapkan lokasi penggantinya. (mae/jbr)