DetikNews
Rabu 22 Agustus 2018, 21:22 WIB

Jokowi ke Anthony yang Cedera Lawan China: Indonesia Bangga

Ray Jordan - detikNews
Jokowi ke Anthony yang Cedera Lawan China: Indonesia Bangga Presiden Jokowi menjenguk atlet bulutangkis Anthony Sinisuka Ginting yang cedera saat menghadapi atlet China dalam pertandingan final kelas beregu Asian Games ke-18 (Foto: Intan - Biro Pers Setpres)
Jakarta - Atlet badminton Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, cedera saat bertanding melawan atlet asal China dalam pertandingan final kelas beregu Asian Games ke-18. Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyaksikan pertandingan itu, menyempatkan diri melihat kondisi Anthony yang dibawa ke ruang perawatan.

Informasi yang disampaikan Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan Jokowi beranjak dari tempat duduknya setelah Anthony dibawa ke ruang medis. Jokowi menjenguk Anthony yang terbaring di ruang media Istora Senayan tersebut.

"Saat dijenguk oleh Presiden, Anthony tengah dirawat di ruang medis," kata Bey dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/8/2018).


Bey mengatakan, dalam kesempatan itu, Jokowi memberikan semangat kepada Anthony yang mengalami cedera pada kaki kirinya.

"Masyarakat Indonesia bangga dengan perjuangan Anthony. Kamu telah memberikan yang terbaik," ucap Jokowi seperti yang disampaikan Bey.

Anthony Sinisuka Ginting yang cedera saat bertanding melawan Shi Yuqi pada partai pertama, final beregu putra Indonesia vs China di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (22/8).


Anthony Sinisuka Ginting terpaksa retired karena cedera sehingga menyerah dari Shi Yuqi dalam kedudukan 21-14, 21-23, 20-21.

Atlet bulutangkis Anthony Sinisuka Ginting cedera saat menghadapi atlet China dalam pertandingan final kelas beregu Asian Games ke-18Atlet bulutangkis Anthony Sinisuka Ginting cedera saat rubber set (Foto: Intan - Biro Pers Setpres)
Pada final bulutangkis beregu putra Asian Games 2018 di Istora ini, Anthony tampil habis-habisan sejak awal sampai akhir. Setelah cedera, Anthony masih mencoba melanjutkan pertandingan sampai akhirnya mesti menyudahi permainan lebih awal.

Didukung penonton yang memenuhi stadion, Anthony tampil penuh percaya diri. Dia tidak banyak melakukan kesalahan, sedangkan Shi justru beberapa kali membuat kesalahan sendiri di gim pertama. Alhasil, Anthony melesat meninggalkan Shi dengan keunggulan 21-14.


Namun, gim kedua berjalan lebih sulit bagi Anthony karena Shi terus membayangi perolehan angkanya. Shi selamat dari match point dan membuat dua kali deuce. Dalam keunggulan 22-21, Shi memaksakan rubber game setelah pukulan menyilang di dekat garis keluar, tidak sanggup dikembalikan Anthony.

Serupa gim kedua, gim ketiga berjalan ketat. Shi mampu menyusul Anthony 16-16 setelah sempat tertinggal empat angka.

Anthony sempat mengalami kram di poin-poin kritis. Anthony ngotot melanjutkan dan sempat match point. Namun, pada akhirnya Anthony terpaksa retired dalam kedudukan 20-21 di gim ketiga.
(rjo/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed