DetikNews
Rabu 22 Agustus 2018, 20:18 WIB

Kunjungi RPH Dharma Jaya, Anies Pelajari Organ Sapi Layak Konsumsi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kunjungi RPH Dharma Jaya, Anies Pelajari Organ Sapi Layak Konsumsi Foto: Anies Baswedan dan anaknya, Kaisar Hakam, cek penyembelihan hewan kurban di RPH PD Dharma Jaya (Marlinda/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama putranya Kaisar Hakam mengunjungi rumah pemotongan hewan (RPH) PD Dharma Jaya sore ini. Anies mengaku sempat belajar tentang organ bagian dalam sapi yang layak dan tidak layak dikonsumsi.

"Tadi saya belajar dari ibu dokter. Beliau menunjukkan paru yang bisa dikonsumsi dan paru yang tidak dikonsumsi, kemudian jantung," ujar Anies, di RPH PD Dharma Jaya, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (22/8/2018).


Dari tinjauan itu, Anies mengatakan, tampak RPH PD Dharma Jaya betul-betul optimal dalam proses pemotongan hewan tersebut. Sebab, kesehatan daging sapi usai dipotong juga sangat diperhatikan.

"Maka ketika warga mengkonsumsi terjamin kesehatannya karena itu saya menganjurkan untuk banyak dilakukan di sini karena ada dokter hewan yang memeriksa itu," katanya.

Anies pun berharap, RPH ini dapat dimanfaatkan oleh warga Jakarta. Tak hanya saat kurban pada hari raya, namun juga sehari-hari.


"Pemotongannya secara sapi itu ditaati seluruhnya, secara higenis, kesehatan juga lebih baik, ada pemeriksaan kesehatan oleh DKPKP. Dan dipastikan bahwa sapi-sapi yang dipotong di sini adalah sapi yang sehat sehingga aman untuk dikonsumsi," tutur Anies.

Sore ini, Anies dan putranya Kaisar Hakam berkunjung ke RPH PD Dharma Jaya. Kunjungan itu dalam rangka melakukan pengecekan proses pemotongan hewan kurban pada Idul Adha 1439 H ini.
(mae/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed