DetikNews
Rabu 22 Agustus 2018, 09:12 WIB

Imam Besar Istiqlal: Fungsi Masjid Harus Menyejukkan Selama Pilpres

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Imam Besar Istiqlal: Fungsi Masjid Harus Menyejukkan Selama Pilpres Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (Foto: Dhika-detikcom)
Jakarta - Masjid Istiqlal mengambil tema pelaksanaan Idul Adha tahun ini tentang pentingnya silaturahmi dan mengikis intoleransi. Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, mengatakan tema tersebut sangat relevan dengan kondisi sekarang.

"Ya karena sangat timely, sangat tepat waktu karena kita tahun ini adalah tahun pemilu, pilkada dan seterusnya, jadi sudah seharusnya kita kembali kepada jati diri kita masing-masing bahwa bangsa Indonesia satu, dan kita itu tidak ada orang lain, semuanya adalah kita," kata Nasaruddin di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (22/8/2018).


Nasaruddin berharap khotbah yang disampaikan saat Salat Idul Adha pun dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat dalam menghadapi Pilpres 2019. Menurut dia, masjid harus berperan untuk menciptakan suasana damai dalam Pilpres 2019.

"Saya kira alhamdulillah mudah-mudahan khutbah pak khatib tadi itu bisa memberikan inspirasi kepada siapa pun yang akan berpacu dalam politik, entah itu politik pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden-wapres. Jadi kita harus sejak awal fungsi masjid untuk menyejukkan, menenenagkan, fungsi masjid untuk menghimpun yang berserakan," ujarnya.

Dia menjelaskan semua orang sama ketika masuk masjid. Masjid diharapkan dapat menjadi ruang pemersatu bagi semua keberagaman.

"Begitu kita masuk ke masjid maka kita semua utuh kembali, tidak ada perbedaan, tidak ada firkah dan tidak konflik itulah masjid," ujarnya.


Dia pun memastikan komitmen Masjid Istiqlal untuk menjadi Masjid Kebangsaan. Nasaruddin mengatakan hilang semua warna saat masuk ke masjid tersebut.

"Masjid Istiqlal, kita semua menyatu hilanglah semua warna lokal dan insyaallah Istiqlal ini akan menjadi penjaga amanah umat dan penjaga amanah bangsa. Masjid kebangsaan," paparnya.
(knv/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed