DetikNews
Rabu 22 Agustus 2018, 07:28 WIB

Kiprah Tim Mobile Crisis Tangani Jemaah Kena Heatstroke di Mina

Fajar Pratama - detikNews
Kiprah Tim Mobile Crisis Tangani Jemaah Kena Heatstroke di Mina Tim mobile crisis jemaah haji Indonesia (Fajar Pratama/detkcom)
Jakarta - Heat stroke atau serangan panas melanda jemaah haji. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan tim mobile crisis disiagakan untuk menolong jemaah haji yang terkena heat stroke.

"Memang jemaah kita yang memerlukan tindakan medis itu karena kelelahan. Mengalami kelelahan yang sangat dan heat stroke," kata Lukman di Mina, Arab Saudi, Selasa (21/8/2018).
Tim krisis berkeliling memantau jemaah yang terkena heat stroke. Dengan begitu, jemaah yang terkena serangan panas itu bisa cepat ditangani.
Kiprah Tim Mobile Crisis Tangani Jemaah Kena Heatstroke di MinaFoto: Tim mobile crisis jemaah haji Indonesia (Fajar Pratama/detkcom)
"Jadi kita sekarang menemaptkan tim krisis yang sifatnya mobile mengatasi jemaah kita yang kelelahan dan heat stroke. Dilengkapi dengan kursi roda, oksigen dan infus," kata Lukman.

Lukman bersyukur tahun ini peralatan kesehatan untuk melayani jemaah haji Indonesia semakin baik. Jemaah yang terkena heat stroke bisa ditangani lebih maksimal.
"Alhamdhlillah tahun ini berbeda dengan tahun lalu, peralatan kesehatan semakin baik. Kita sekarang punya bak, dua bak yang berisi air dingin yang bisa digunakan jemaah memulihkan yang terkena serangan panas yang berlebihan," tutur Lukman.
Kiprah Tim Mobile Crisis Tangani Jemaah Kena Heatstroke di MinaFoto: Tim mobile crisis jemaah haji Indonesia (Fajar Pratama/detkcom)
Lukman meninjau tenda Klinik Kesehatan Haji Indonesia di Mina. Para jemaah kelelahan. 200 Jemaah dinyatakannya telah dilayani di sini. Berdasarkan informasi per Senin (20/8) malam, ada satu jemaah haji meninggal dunia di Mina.
"Tercatat ada satu jemaah haji kita wafat yang masih ada di posko kesehatan kita dan diproses pihak maktab untuk dimakamkan di sini," ujar Lukman.

Heat stroke merupakan kondisi terganggunya fungsi kestabilan suhu tubuh akibat panas. Serangan ini bisa memicu ke penyakit lainnya seperti jantung dan organ vital lain. Tak jarang, dampaknya adalah kematian.

Tim mobile krisis terdiri dari Tim Pertolongan Pertama pada Jemaah (P3JH), Perlindungan Jemaah (Linjam), Tim Gerak Cepat (TGC), Tim Promotif Preventif (TPP), tim Daker dan juga Media Center Haji (MCH) dan unsur-unsur petugas haji lainnya.
(fjp/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed