DetikNews
Selasa 21 Agustus 2018, 17:13 WIB

Anies, Kapolri, Hingga Megawati Kurban Sapi di Masjid Istiqlal

Mochamad Zhacky - detikNews
Anies, Kapolri, Hingga Megawati Kurban Sapi di Masjid Istiqlal Sapi kurban di Masjid Istiqlal (Foto: Mochammad Zhacky/detikcom)
Jakarta - Sejumlah pejabat dan tokoh juga berkurban di Masjid Istiqlal. Selain Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri juga ikut mengurbankan sapi di Masjid Istiqlal.

"Pak Jokowi (kurban di Masjid Istiqlal), Pak JK (Jusuf Kalla), Pak Menpan (Komjen Syafruddin) yang baru. Terus Pak Kapolri, Pangkostrad (Letjen Andika Perkasa), kemudian Mba Tutut (Siti Hardiyanti Rukmana), Mba Titiek (Siti Hediati Hariyadi), Pak Anies, Ibu Megawati," kata Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah saat dihubungi detikcom, Selasa (21/8/2018).


Jumlahnya, ada 12 sapi kurban milik pejabat dan tokoh yang akan disembelih di Masjid Istiqlal. Semua sapi itu pun sudah ditempatkan di area Masjid Istiqlal.

"Ya, sapi semua, sudah sampai. Yang sampai sudah 12 sapi, dari pejabat semua," terang Abu.

Anies, Kapolri, Hingga Megawati Kurban Sapi di Masjid IstiqlalFoto: Mochammad Zhacky/detikcom
Sapi Jokowi dan JK pun sudah ada di Masjid Istiqlal. Sapi Jokowi dan JK ditaruh berbeda tempat dengan sapi lainnya.


Berat sapi Jokowi sendiri sekitar 1,5 ton, sedangkan JK lebih ringan sedikit yakni sekitar 1,4 ton. Sapi milik Jokowi memang nampak lebih kekar di bagian bokongnya.

"Beratnya sekitar 1,5 ton. Ini sapinya jenis PO. Umurnya sekitar 7 tahun, ya, sama kaya umut ngerawatnya," kata Jagur, perawat sapi Jokowi di Istiqlal.
Adapun kerusakan yang terjadi akibat gempa itu yaitu 151 unit runah rusak, 6 unit fasilitas rumah ibadah rusak, dan 1 unit perkantoran. Mayoritas korban meninggal dunia karena tertimpa bangunan yang roboh.
(zak/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed