DetikNews
Selasa 21 Agustus 2018, 16:22 WIB

Elite PD Dengar Jokowi Hanya Kucurkan Rp 38 M untuk Lombok, Benarkah?

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Elite PD Dengar Jokowi Hanya Kucurkan Rp 38 M untuk Lombok, Benarkah? Rachland Nashidik. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Wasekjen Partai Demokrat (PD) Rachland Nashidik prihatin dengan penanganan gempa Lombok. Rachland mendengar Pemerintah hanya mengucurkan danya Rp 38 miliar. Benarkah?

"Bila benar sejauh ini Presiden Jokowi hanya mengucurkan Rp 38 miliar bagi bencana di NTB, maka ia sedang memamerkan kekosongan sensitivitas, empati, tanggung jawab, sense of urgency, dan rasa keadilan di dalam kepemimpinannya. Negara tak hadir bagi rakyatnya yang sedang berduka," cuit Rachland di akun @RachlanNashidik, Selasa (21/8/2018).


Rachland mendesak Jokowi membatalkan IMF-World Bank Summit yang akan diselenggarakan di Bali. Dia juga mendesak bendera setengah tiang dikibarkan di Asian Games 2018.

"Tak pantas dan seluruhnya salah untuk mendahulukan perhelatan (IMF-World Bank) seharga hampir Rp 1 triliun di sebelah penderitaan saudara-saudara kita di NTB yang lebih membutuhkan perhatian," ujarnya.

"Saya juga mendesak, sambil kita menuntaskan janji menyelenggarakan Asian Games, panitia mengibarkan bendera merah putih di setengah tiang di semua cabang pertandingan. Sebagai tanda bangsa sedang berduka dan ungkapan solidaritas dengan saudara-saudara kita di NTB," imbuh Rachland.


Rachland menyoroti pernyataan Pemerintah yang mempertimbangkan aspek pariwisata dalam penanganan gempa NTB. Dia mengingatkan Jokowi agar menunjukkan empati kepada korban gempa.

"Presiden perlu mengingat kuat-kuat, tugas dan tanggung jawabnya bukan hanya menanggulangi bencana di NTB dengan menempatkan korban pada fokus perhatiannya yang utama. Presiden juga harus mengaktifkan perasaan sebangsa, solidaritas sesama warga, fondasi kelangsungan hidup bangsa," ulas Rachland.

"Saat ini kita sedang menjamu tamu dari negara-negara sahabat di Asia. Mata mereka tertuju pada kita. Presiden Jokowi harus menunjukkan: kita bangsa yang besar dan kuat karena saling mengasihi dan saling membantu. Jangan mereka menilai kita tak peduli pada saudaranya sendiri," pungkasnya.


Saksikan juga video ' MPR Minta Pemerintah Tetapkan Gempa Lombok Bencana Nasional ':



(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed