DetikNews
Selasa 21 Agustus 2018, 16:13 WIB

Timses Jokowi Disebut Ber-IQ 80, Golkar Peringatkan Mardani

Tsarina Maharani - detikNews
Timses Jokowi Disebut Ber-IQ 80, Golkar Peringatkan Mardani Foto: Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. (Agung Pambudhy-detikcom)
Jakarta - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyebut timses Joko Widodo-Ma'ruf Amin ber-IQ 80 secara komunal. Partai Golkar mengingatkan Mardani untuk diam jika tak bisa berbicara yang baik-baik.

"Mardani semestinya ikut etika yang diajarkan agama dalam berbicara, yaitu bicara yang baik atau diam," kata Wasekjen Golkar M Sarmuji kepada wartawan, Selasa (21/8/2018).


Sarmuji yakin Mardani paham soal etika bicara yang diajarkan agama. Namun, Sarmuji menuding ajaran itu terhapus dari Mardani karena nafsu kekuasaan.

"Sebenarnya tidak mengapa mempromosikan diri dan kelompoknya, tapi jangan mencaci kelompok yang lain. Saya yakin Mardani diajarkan etika elementer itu di lingkungannya," ujarnya.

"Sayangnya etika baik tersebut terhapus hanya karena nafsu kekuasaan semata," imbuh Sarmuji.

Dia kemudian menyampaikan pesan soal kekuatan kata-kata. Sarmuji mengingatkan untuk hati-hati dalam berucap.

"Saya perlu ingatkan bukan bara api yang sebenarnya membakar emosi warga tetapi adalah kata-kata. Bukan beban besi baja yang meretakkan bangunan bangsa tetapi adalah kata-kata. Karena itu lebih baik kita kembali ke etika dasar tadi berkatalah yang baik atau diam," tuturnya.


Mardani sebelumnya menyebut Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf aneh karena belum memiliki ketua. Karena aneh, Mardani lalu bicara inteligence quotient atau kecerdasan intelektual (IQ) dari masing-masing pribadi anggota TKN.

Mardani menyebut mereka yang tergabung dalam TKN Jokowi-Ma'ruf bisa saja memiliki IQ di atas 100. Namun, jika secara kelompok, Mardani sangsi IQ TKN Jokowi lebih dari 100.

"Padahal bisa jadi IQ personal 120 tapi IQ komunal (kumpulan) bisa cuma 80 karena semua sangat tergantung ketua, ketua dan ketua," kritik Mardani.


Tonton juga video: 'Menteri Jadi Timses Jokowi-Ma'ruf, PKS: Masyarakat akan Menilai'

[Gambas:Video 20detik]


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed