DetikNews
Selasa 21 Agustus 2018, 14:41 WIB

PKS Tak Rela Anies Diakuisisi, Gerindra DKI: Itu Hak Kami!

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
PKS Tak Rela Anies Diakuisisi, Gerindra DKI: Itu Hak Kami! Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Zhacky/detikcom)
Jakarta - Anggota Majelis Syuro PKS Aboe Bakar Al Habsyi keberatan atas niat Gerindra menjadikan Gubernur DKI Anies Baswedan sebagai kadernya. Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Prabowo Soenirman heran atas keberatan PKS.

"Itu kan hak kami dong. Kami mengatakan seperti itu agar Anies jadi kader," kata Prabowo kepada detikcom, Selasa (21/8/2018).


Dia menegaskan ingin kader partainya tetap memiliki perwakilan jadi pimpinan di DKI, baik sebagai gubernur maupun wakil gubernur. Terkait isu adanya kesepakatan agar wagub berasal dari PKS, Prabowo tidak mengetahuinya.

"Deal kita nggak tahu, siapa yang tanda tangan nggak tahu. Pokoknya supaya ada keseimbangan di antara kita," ujar Prabowo.

Prabowo sendiri mengatakan nama-nama yang diusulkan menjadi Wakil Gubernur DKI masih jadi wacana. Komunikasi akan dilanjutkan dengan PKS segera setelah SK Pemberhentian Sandiaga Uno keluar dari Istana.

"Semua masih wacana saja," sebut Prabowo.


Keberatan terkait permintaan Gerindra disampaikan Majelis Syuro PKS Aboe Bakar Al Habsyi. "Nggak ada kayak gitu-gitu, enak saja. Jangan fait accompli gitulah. Kita prinsipnya bersama," kata Aboe Bakar di gedung DPR, Senayan.

Aboe Bakar mengatakan sulit jika para pihak berambisi merebut kekuasaan. Ia mengingatkan prinsip koalisi adalah kebersamaan.

"Yang namanya politik, posisi kekuasaan adalah harapan semua figur politik, tapi berambisius full itu agak sulit di tengah kita berkoalisi," ujarnya.

PKS dan Gerindra berhak mengajukan nama yang akan diputuskan di DPRD sebagai Wagub DKI. PKS sempat mengklaim lebih berhak mengisi posisi yang ditinggalkan Sandiaga Uno.



Tonton juga video: 'Minggu Depan, Gerindra-PKS Bahas Calon Wakil Gubernur DKI'

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed