DetikNews
Selasa 21 Agustus 2018, 13:27 WIB

Timses Jokowi Disebut Ber-IQ 80, PKPI: Tak Etis

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Timses Jokowi Disebut Ber-IQ 80, PKPI: Tak Etis Mardani Ali Sera/Foto: Adhi Wicaksono.
Jakarta - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyebut kecerdasan intelektual (IQ) anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf hanya 80. PKPI menilai tudingan itu tak etis.

"Kita semua adalah Ciptaan-Nya, dan kurang etis bila kita saling merendahkan dan menyerang, hanya karena urusan Pemilu semata," kata Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan kepada detikcom, Selasa (21/8/2018).

Verry mengatakan, pihaknya pun tak akan balas menyerang pernyataan Mardani tersebut. Sebab, Jokowi dalam arahannya telah berpesan bahwa Pemilu merupakan sarana adu ide, gagasan, dan pencapaian.



"Harus menggembirakan. Penggunaan statement yang menyerang atau merendahkan individu, kami hindari," ujarnya.

Terkait persoalan Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf yang belum ditetapkan, Verry menjelaskan alasannya. Penentuan Ketua TKN, kata Verry, merupakan kewenangan Jokowi dan Ma'ruf.

"Pak Jokowi masih fokus ke Asian Games dan Penanganan Bencana di NTB, selain tugas-tugas penting lainnya. Sementara Kyai Ma'ruf Amin sedang menunaikan ibadah Haji. Mari kita doakan keduanya selalu dalam lindungan-Nya," kata Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf itu.

"Walaupun Ketua belum ditetapkan, TKN KIK telah dan terus bekerja cerdas," imbuhnya.

Verry juga menegaskan, bahwa TKN Jokowi-Ma'ruf tak bergantung pada figur ketua. Selama ini, tim telah bekerja secara solid meski Ketua belum ditetapkan.

"TKN KIK juga terbukti telah intens melakukan beberapa WORKSHOP, musyawarah rutin dan kegiatan-kegiatan lain, demi persiapan kampanye. Kami lebih solid, siap dan tangkas dalam bergerak," kata Verry.

Sebelumnya, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyebut TKN Jokowi-Ma'ruf aneh. Karena aneh, Mardani lalu bicara inteligence quotient atau kecerdasan intelektual (IQ) dari masing-masing pribadi anggota TKN.

Mardani menyebut mereka yang tergabung dalam TKN Jokowi-Ma'ruf bisa saja memiliki IQ di atas 100. Namun, jika secara kelompok, Mardani sangsi IQ TKN Jokowi lebih dari 100.

"Padahal bisa jadi IQ personal 120 tapi IQ komunal (kumpulan) bisa cuma 80 karena semua sangat tergantung ketua, ketua dan ketua," kritik Mardani.


Tonton juga video: 'Misteri Ketua Timses Jokowi, PKS: Jangan-jangan Pak Gatot?'

[Gambas:Video 20detik]


(mae/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed