Anies Terbitkan Pergub Membaca, Ayo ke Perpustakaan

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Selasa, 21 Agu 2018 13:04 WIB
Foto: Muhammad Fida Ul Haq/detikcom
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Pegub agar warga gemar membaca. Pergub Nomor 76 Tahun 2018 tentang Pembudayaan Kegemaran Membaca bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia seiring dengan perkembangan zaman.

"Pembudayaan kegemaran membaca bertujuan untuk membangun minat, kegemaran dan kebiasaan membaca masyarakat, dengan tujuan mendorong terciptanya masyarakat membaca, menuju masyarakat belajar dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa," demikian tertuang dalam Pasal 3 dalam Pergub itu.


Pasat tersebut dimuat di jdih.jakarta.go.id saat dilihat detikcom, pada Selasa (21/8/2018).

Anies mewajibkan sekolah dan madrasah mengunjungi perpustakaan dan mengadakan lomba literasi. Pihak swasta juga diminta bekerja sama dalam bentuk CSR, seperti dikutip pada pasal 12.

Dalam pergub tersebut, Anies juga meminta setiap perangkat daerah dan Badan Usaha Milik Daerah membuat pojok baca. Pengawasan Pergub dilakukan oleh perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan perpustakaan. Hasil pengawasan dilaporkan ke Gubernur melalui Sekretaris Daerah tiap enam bulan sekali atau sesuai kebutuhan.

Pada saat menjabat Mendikbud, Anies pernah membuat pojok membaca. Anies juga sempat mewajibkan siswa membaca setiap 15 menit sebelum sekolah.


Simak Juga 'Anies Tak Segan Ubah Pergub Bila Terbentur dengan Program':

[Gambas:Video 20detik]

(aan/fdn)